Kamis, 16 Mei 2024

Materi Ajar Kelas 5d, Jum'at 17 Mei 2024, Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 2


Kamis, 16 Mei 2024

Materi Ajar Tema 9 Subtema 3 pembelajaran 2 kelas 5 , Jumat 17 Mei 2024

Tema 9                       : Benda Benda Di Sekitar Kita

Subtema 3                 : Manusia dan Benda di Lingkungannya

Pembelajaran            : 2

Muatan Pembelajaran : B.Indonesia , IPA , SBDP

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Anak sholeh sholehah, apa kabarnya hari ini ? semoga selalu sehat, semangat dan ceria serta selalu dalam lindungan Allah SWT. anak anak yang sholeh dan sholehah,  berikut ini materi yang akan kita pelajari hari ini :

Tujuan Pembelajaran : 

1. siswa mampu menyajikan hasil kesimpulan isi teks paparan iklan media cetak secara visual, 

2. siswa mampu mengidentifikasi campuran homogen dan heterogen

3. memahami karya seni rupa daerah serta mengetahui contoh karya seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi, 

Ayo Mengamati
Pagi itu Edo berangkat sekolah. Tidak lupa Edo berpamitan dengan ayah dan ibunya. Sesampai di sekolah, Edo belajar mengenai iklan. Edo dan temanteman mengamati sebuah iklan dari selebaran yang dibawa oleh Ibu Guru.

Pada pembahasan tentang iklan sebelumnya, kamu telah mengetahui tentang pengertian iklan, ciri-ciri iklan, dan bentuk-bentuk iklan di media cetak.

Sekarang kamu akan mempelajari tentang unsur-unsur iklan dan ciri-ciri bahasa yang digunakan dalam pembuatan iklan di media cetak.
Payung Lukis

Ayo Berdiskusi
Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Setelah mengamati iklan pada gambar di atas, diskusikan bersama kelompokmu mengenai unsur-unsur iklan. Tuliskan pada kolom berikut.
No.Unsur Iklan
1.Nama Produk (Payung Lukis)
2.Gambar yang menarik
3.Kalimat iklan { Kerajinan khas Tasikmalaya Jawa Barat
4.Keunggulan produk : Produksi dalam negeri
5.Alamat pengiklan : Tasikmalaya Jawa Barat

Agar dapat menarik perhatian khalayak, iklan dalam media cetak memiliki ciri-ciri bahasa sebagai berikut.
  1. Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
  2. Menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya sugesti.
  3. Menggunakan kata konotasi positif.
  4. Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.
Simak penjelasan berikut.
Saat Ibu kantin membuat teh manis untuk Edo, berarti Ibu kantin membuat suatu campuran. Campuran yang dibuat oleh Ibu kantin yaitu campuran antara gula pasir dan air teh sebagai pelarut. Kamu juga dapat membuat campuran sendiri. Misalnya, saat kamu membuat susu. Kamu akan mencampurkan susu dengan air. Saat kamu membuatkan kopi untuk ayahmu, kamu akan mencampurkan kopi, gula, dan air.

Pada dasarnya, suatu campuran dapat berupa unsur dengan unsur ataupun unsur dengan senyawa. Komposisi unsur-unsur atau senyawa penyusun suatu campuran tidak tertentu. Sifat asli zat-zat pembentuk campuran masih tampak, sehingga komponen penyusun campuran tersebut dapat dikenali dan dapat dipisahkan lagi. Ada dua macam campuran, yaitu campuran homogen dan campuran heterogen. Pada subtema sebelumnya telah dibahas hal tersebut.

Ayo Berlatih
1. Coba amati segelas air gula. Gula tercampur sempurna dengan air sehingga campuran antara gula dengan air tampak jernih. Berarti dalam hal ini gula tercampur rata dengan air. Termasuk campuran apakah peristiwa ini? Berikan penjelasannya.
Jawaban:
Gula tercampur rata dengan air. Campuran antara gula dengan air termasuk campuran homogen. Campuran homogen juga disebut dengan larutan. Jadi dalam larutan gula tersebut terdapat dua penyusun larutan, yaitu air sebagai pelarut dan gula sebagai zat terlarut.
2. Cobalah amati segelas air yang di dalamnya terdapat pasir. Apakah pasir dapat larut dengan sempurna sehingga larutan terlihat jernih? Tentu tidak bukan? Termasuk campuran apakah peristiwa ini?
Jawaban:
Campuran antara pasir dengan air termasuk campuran heterogen. Pasir tidak dapat larut dengan sempurna dalam air. Campuran heterogen adalah campuran yang zat-zat penyusunnya bercampur secara tidak merata dan campuran ini tiap-tiap bagian tidak sama susunannya

seni rupa bermotif ikan, gelombang laut, karang, dan kapal. Sementara daerah masyarakat pegunungan, akan lebih didominasi dengan bentuk karya seni rupa bermotif buah, pepohonan, bunga, dan hewan-hewan.

Ayo Berlatih
Di daerah mana kamu tinggal? Apa karya seni rupa yang ada di daerahmu? Jelaskan karya seni rupa tradisional yang ada daerahmu. Uraikan dalam kolom berikut.(Hanya contoh)
Karya seni tradisional yang ada di daerahku (Jawa Tengah) adalah Batik Pekalongan. Pekalongan merupakan salah satu daerah yang terkenal sebagai pusat penghasil batik. Terdapat berbagai motif batik yang dihasilkan di daerah ini. Ciri khas motif batik Pekalongan didominasi dengan tumbuh-tumbuhan dan hewan. Warna batik Pekalongan ini juga beragam, kebanyakan diantaranya berwarna cerah dan mencolok.

Secara umum, karya seni rupa daerah memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
  1. Bersifat kedaerahan.
  2. Dipengaruhi oleh budaya dan latar belakang sejarah suatu wilayah:a. Mengandung simbol-simbol dan bermakna. b. Seringkali digunakan untuk upacara adat, agama, atau kebutuhan sehari-hari. c. Dibuat dari bahan alam yang berasal dari lingkungan.
  3. Corak dan motifnya dipengaruhi oleh kondisi fisik atau geografi suatu daerah, dipengaruhi juga oleh corak seni tradisional masyarakat setempat

seni rupa bermotif ikan, gelombang laut, karang, dan kapal. Sementara daerah masyarakat pegunungan, akan lebih didominasi dengan bentuk karya seni rupa bermotif buah, pepohonan, bunga, dan hewan-hewan.

Ayo Berlatih
Di daerah mana kamu tinggal? Apa karya seni rupa yang ada di daerahmu? Jelaskan karya seni rupa tradisional yang ada daerahmu. Uraikan dalam kolom berikut.(Hanya contoh)
Karya seni tradisional yang ada di daerahku (Jawa Tengah) adalah Batik Pekalongan. Pekalongan merupakan salah satu daerah yang terkenal sebagai pusat penghasil batik. Terdapat berbagai motif batik yang dihasilkan di daerah ini. Ciri khas motif batik Pekalongan didominasi dengan tumbuh-tumbuhan dan hewan. Warna batik Pekalongan ini juga beragam, kebanyakan diantaranya berwarna cerah dan mencolok.

Secara umum, karya seni rupa daerah memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
  1. Bersifat kedaerahan.
  2. Dipengaruhi oleh budaya dan latar belakang sejarah suatu wilayah:a. Mengandung simbol-simbol dan bermakna. b. Seringkali digunakan untuk upacara adat, agama, atau kebutuhan sehari-hari. c. Dibuat dari bahan alam yang berasal dari lingkungan.
  3. Corak dan motifnya dipengaruhi oleh kondisi fisik atau geografi suatu daerah, dipengaruhi juga oleh corak seni tradisional masyarakat setempat.

Fungsi karya seni rupa daerah dibedakan menjadi fungsi individual dan fungsi sosial:
1. Fungsi individual
Sebagai media untuk mengekspresikan jiwa, emosi dan mencerminkan segala sesuatu, baik suka, duka, dan marah. Selain itu, karya seni juga sebagai media mengekspresikan cita-cita, pandangan hidup, watak, bentuk, corak bahan, dan juga teknik.

2. Fungsi sosial
  • Sebagai media pendidikan
  • Sebagai media hiburan (refreshing)
  • Sebagai media komunikasi
  • Sebagai media keagamaan

Berdasarkan jenisnya, seni rupa daerah terbagi menjadi dua, yaitu seni murni dan seni terapan.
1. Seni rupa murni
Seni rupa murni adalah karya seni rupa yang mengutamakan segi keindahan tanpa memperhatikan fungsi. Contoh lukisan dan patung.

2. Seni rupa terapan
Seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang mengutamakan fungsi, namun tetap memperhatikan segi keindahan. Contoh batik, ukiran kayu, gerabah, dan lain-lain.


Tugas ! 
1. Untuk memperdalam pengetahuan kamu tentang iklan, lakukanlah latihan berikut. Perhatikan iklan kolom dalam sebuah koran berikut.
Iklan Murah
Setelah kamu membaca iklan tersebut, jawablah pertanyaan di bawah ini. Sebutkan unsur-unsur yang terdapat dalam iklan di atas.


2.  Apa saja yang sudah kamu pelajari pada hari ini? Apa manfaat pembelajaran hari ini untuk kamu ?

Rabu, 15 Mei 2024

Materi Ajar Kelas 5d, Kamis 16 Mei 2024, Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 1

Tema 9                       : Benda Benda Di Sekitar Kita

Subtema 3                 : Manusia dan Benda di Lingkungannya

Pembelajaran            : 1

Muatan Pembelajaran : B.Indonesia , IPA

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Anak sholeh sholehah, apa kabarnya hari ini ? semoga selalu sehat, semangat dan ceria serta selalu dalam lindungan Allah SWT. anak anak yang sholeh dan sholehah,  berikut ini materi yang akan kita pelajari hari ini :

Tujuan Pembelajaran : 

1. Siswa mampu menjelaskan bentuk-bentuk iklan pada media cetak

2. Siswa mampu mengelompokkan benda benda zat tunggal


Anak- anak yang sholeh dan sholehah, Pada Pembelajaran 1 Tema 9 Subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya kita akan belajar tentang menyebutkan isi teks paparan iklan media cetak secara lisan, mengidentifikasikan pengertian, tujuan, ciri-ciri, dan bentuk-bentuk iklan, kesimpulan isi teks paparan iklan dalam media cetak, dan mengelompokkan benda-benda kedalam unsur atau senyawa. 

Ayo Mengamati
Saat Edo dan Dayu melihat koran di papan pajang, Edo tertarik pada sebuah iklan. Apa isi iklan yang dilihat Edo? Amatilah iklan berikut!
Iklan Aquada
Setelah mengamati iklan di atas, coba kamu kemukakan tentang:
1. Produk apa yang ditawarkan dalam iklan tersebut?
Produk yang ditawarkan berupa minuman dalam kemasan dengan merek Aquada
2. Apa saja yang terdapat dalam iklan tersebut?
Nama produk, gambar yang menarik, kalimat iklan
3. Bagaimana kesimpulanmu tentang isi teks paparan iklan tersebut?
Iklan tersebut menawarkan minuman kemasan Aquada. Iklan pada gambar mengajak kepada khalayak untuk minum minuman Aquada tersebut.

Ayo Membaca
Iklan adalah sebuah informasi yang bertujuan untuk mendorong, membujuk/ memberikan pengaruh pada khalayak ramai atau banyak orang agar tertarik pada barang/jasa yang ditawarkan.

A. Tujuan iklan
  1. Memberitahukan kepada khalayak ramai tentang suatu produk jasa.
  2. Memengaruhi khalayak ramai tentang suatu produk jasa.
  3. Menyarankan seseorang untuk membeli dan menggunakan suatu produk jasa yang diiklankan.
  4. Memberi informasi tentang produk jasa.
  5. Menarik khalayak ramai.

B. Ciri-ciri iklan yang baik dan benar
  1. Informatif, artinya menjelaskan produk yang diiklankan.
  2. Komunikatif, yaitu mudah dipahami atau dimengerti.
  3. Bahasanya singkat dan padat, Singkat, tidak perlu bertele-tele yang penting tepat sasaran
  4. Menarik, menggunakan gambar yang menarik dan pilihan kata yang tepat.

C. Bentuk iklan pun bermacam-macam:
Iklan Kolom dan Baris
1. Iklan Baris
Iklan baris yaitu iklan kecil (singkat) berisi penawaran/informasi tentang sesuatu yang terdiri atas beberapa baris saja. Iklan baris disebut juga iklan mini.

Ciri-ciri iklan baris yaitu:
  1. Terdiri atas 2 sampai 3 baris. Informasi yang terkandung di dalamnya hanya informasi penting saja. Ditulis secara singkat, padat, namun jelas.
  2. Dikelompokkan sesuai dengan jenis barang atau jasa yang ditawarkan.
  3. Berupa kalimat-kalimat pendek dan biasanya menggunakan singkatan-singkatan untuk menghemat tempat.
  4. Sebagian iklan baris dilengkapi dengan gambar ukuran kecil dan tidak berwarna.
  5. Dilengkapi dengan nomor telepon penjual untuk dihubungi pembeli.
  6. Tidak menggunakan ilustrasi grafis.
  7. Biaya pemasangan tergolong murah karena tidak membutuhkan tempat yang lebar.

2. Iklan kolom

Iklan kolom adalah iklan yang pemuatannya memanfaatkan beberapa bagian kolom dari halaman surat kabar.

Ciri-ciri iklan kolom adalah sebagai berikut.
  1. Terdiri atas ilustrasi/gambar/foto/bagan dan kata-kata.
  2. Ukurannya lebih besar dari/pada iklan baris, bahkan ada yang penuh satu halaman koran.
  3. Berisi penawaran, ajakan, dan bujukan untuk membeli produk/barang yang ditawarkan. Bisa juga berupa iklan pribadi atau keluarga yang berisi misalnya berita pernikahan, berita duka cita, atau ucapan terima kasih.



Edo merasa haus. Tidak lama kemudian Edo mengambil segelas air putih lalu meminumnya. Edo mencermati iklan yang ada pada soal latihan yang telah dikerjakannya. Ternyata, hari ini ia telah mempelajari iklan tentang air dan udara. Air dan udara merupakan benda-benda di lingkungan sekitar kita yang sangat dibutuhkan manusia.

Tahukah kamu? Udara merupakan benda yang tidak terlihat oleh mata, namun sangat dibutuhkan oleh manusia, bahkan hewan sekalipun. Udara yang bersih dan sehat adalah udara yang kaya akan oksigen. Sedangkan udara yang telah tercampur dengan asap rokok, asap kendaraan bermotor, dan asap-asap buangan pabrik merupakan udara yang tidak bersih. Kandungan dalam udara yang tercemar asap-asap tersebut, tidak lagi banyak mengandung oksigen. Kandungan udaranya sudah tercampur zat-zat lain yang sangat merugikan kesehatan.

Selain itu, benda lain yang tidak kalah penting bagi manusia adalah air. Air tidak hanya digunakan untuk minum. Air juga sangat dibutuhkan untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi, mencuci alat-alat rumah tangga, dan mencuci baju. Air merupakan benda tunggal. Akan tetapi, sebenarnya air terbentuk atas hidrogen dan oksigen. Hidrogen dan oksigen dalam air tidak dapat dipisahkan, kecuali dengan reaksi kimia tertentu. Berbeda dengan tanah. Dalam tanah dapat kamu jumpai adanya kerikil, batu, dan pasir yang dapat kamu pisahkan dengan tangan. Secara umum, benda-benda di lingkungan sekitar kita (materi) dapat dibedakan menjadi dua, yaitu zat tunggal dan campuran.

1. Zat tunggal
Zat tunggal adalah zat yang terdiri dari sejenis materi. Zat tunggal dapat juga disebut zat murni. Salah satu contoh zat tunggal adalah air. Zat tunggal dapat berupa unsur dan senyawa.

a. Unsur
Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan menjadi zat lain yang lebih sederhana. Contoh: besi, emas, aluminium, karbon, nitrogen, tembaga, perak, seng, dan oksigen.

b. Senyawa
Senyawa terbentuk oleh perikatan kimia dari dua atau lebih jenis unsur. Sebagai contoh adalah air. Air terbentuk dari oksigen dan hidrogen. Contoh senyawa yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari misalnya, garam dapur, gula pasir, asam cuka, soda kue, dan vitamin c.

2. Campuran
Campuran adalah gabungan dari dua zat atau lebih yang sifat asalnya tidak hilang sama sekali. Campuran dapat dibentuk dari gabungan unsur dengan unsur, senyawa dengan unsur, atau senyawa dengan senyawa. Beberapa contoh campuran, antara lain: air laut, air sungai yang kotor, air kopi, air teh, larutan garam, larutan gula, sirop buah, baja, kuningan, udara, dan tanah.



Ayo Berlatih

1. Bacalah sebuah iklan di media cetak berikut ini.
Iklan Anti ROkok


Setelah membaca dan mengamati iklan di atas, jawablah pertanyaan berikut.

a. Apakah maksud dan tujuan iklan di atas?

b. Termasuk bentuk iklan apa jika iklan tersebut dimuat dalam surat kabar?

c. Jelaskan kesimpulan isi teks paparan iklan di atas.









2. Agar kamu lebih memahami tentang zat tunggal, lengkapilah tabel penggolongan unsur dan senyawa berikut.
No.Nama ZatUnsurSenyawa
1.Air

2.Tembaga

3.Gula

4.Perak

5.Garam

6.Hidrogen

7.Besi

8.Asam Cuka

9.Oksigen

10.Emas


Selasa, 14 Mei 2024

Materi Ajar Kelas 5d, Rabu 15 Mei 2024, Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 6 dan Matematika

Tema 9                      : Benda Benda Di Sekitar Kita

Subtema 2                 : Benda Benda Dalam Kegiatan Ekonomi

Pembelajaran               : 6

Muatan Pembelajaran : B.Indonesia , PKN SBDP

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Anak sholeh sholehah, apa kabarnya hari ini ? semoga selalu sehat, semangat dan ceria serta selalu dalam lindungan Allah SWT. anak anak yang sholeh dan sholehah,  berikut ini materi yang akan kita pelajari hari ini :

Tujuan Pembelajaran : 

1. siswa mampu mengidentifikasi gambar benda isi iklan, menyimpulkan isi iklan, 

2. siswa mampu menjelaskan cara menciptakan kerukunan saat di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat, menuliskan manfaat hidup rukun, 

3.siswa mampu mengidentifikasi pola lantai tarian pada gambar

Ayo Mengamati
Perhatikan hasil lukisan dan tulisan Udin tentang tempat-tempat wisata yang ada di Pulau Bali seperti berikut.
Iklan Pesona Indonesia
1. Itulah penyajian isi iklan elektronik secara visual yang dibuat oleh Udin. Udin memvisualkan iklan elektronik tentang “Pesona Indonesia Visit Bali”.

2. Banyak tempat wisata di pulau Bali yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Ada dua tempat yang diiklankan melalui Pesona Indonesia Visit Bali, yaitu Ubud dan Pantai Kuta. Banyak tempat wisata lainnya di Pulau Bali yang dapat dikunjungi. Contohnya: Pura Tanah Lot, Danau Beratan Bedugul, Garuda Wisnu Kencana, Pantai Lovina, Pura Besakih, Pura Uluwatu, Pantai Jimbaran, Sangeh, Tanjung Benoa, Danau Batur Kintamani, Tari Kecak Uluwatu, Arung Jeram Sungai Telaga Waja, Arung Jeram Sungai Ayung, dan Pantai Sanur. Semua itu merupakan kekayaan Indonesia yang patut disyukuri dan dibanggakan oleh segenap bangsa Indonesia.

Itulah bentuk kesimpulan isi iklan elektronik yang disajikan Udin secara tertulis. Selanjutnya, Udin mempresentasikan hasil kesimpulannya secara lisan di depan kelas. Di depan kelas, Udin dengan tenang menyebutkan tempattempat wisata di Bali.

Ayo Berlatih
Sekarang coba kamu pilih salah satu iklan di televisi. Gambarlah benda-benda yang ada dalam iklan televisi. Selanjutnya, buat kesimpulan tertulis isi iklan yang kamu pilih dalam lembaran kertas. Presentasikan hasil kesimpulanmu secara lisan di depan kelas. Bapak/Ibu Guru akan menilai hasil kesimpulan isi.
Iklan Pasta Gigi
Isi dan kesimpulan dari iklan iklanmu tersebut.
Isi iklan di atas adalah seorang anak yang sedang menyikat gigi menggunakan sikat dan pasta gigi. Kesimpulan iklan tersebut berisi ajakan kepada masyarakat agar menyikat gigi secara rutin agar gigi menjadi bersih, sehat dan kuat.

Tari Kecak merupakan tarian adat Bali. Tari Kecak dimainkan oleh puluhan laki-laki yang duduk berbaris melingkar. Menyerukan kata “Cak” dengan irama tertentu dengan kedua lengan diangkat. Gerakannya serempak dan kompak.

Kekompakan gerakan dalam tarian Kecak mengandung ritual agama. Selain itu juga mencerminkan kebersamaan dan kerukunan. Kebersamaan dan kerukunan tidak hanya dalam tari Kecak. Akan tetapi, juga dalam kehidupan di keluarga, sekolah, masyarakat, dan bangsa. Kebersamaan dan kerukunan penting dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
Ayo Mengamati
Perhatikan peristiwa-peristiwa yang mengutamakan kerukunan berikut.Apa yang dikerjakan anak-anak dalam gambar? Apakah mencerminkan kerukunan saat di sekolah? Tuliskan pendapatmu pada kotak berikut.
Kerukunan Warga
Apa yang dikerjakan oleh bapak-bapak pada gambar di atas? Di manakah sikap atau perilaku pada gambar sering dilakukan? Tuliskan pendapatmu pada kotak berikut.
Menurut saya anak-anak pada gambar tersebut sedang merapikan buku-buku yang ada di perpustakaan sekolah. Gambar tersebut mencerminkan kerukunan saat di sekolah. Karena anak-anak telah mempraktekkan tentang adanya perilaku saling pengertian di antara mereka untuk tetap menjaga fasilitas sekolah, juga sikap mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi.

Apa yang dikerjakan oleh bapak-bapak pada gambar di atas? Di manakah sikap atau perilaku pada gambar sering dilakukan? Tuliskan pendapatmu pada kotak berikut.
Bapak-bapak sedang melakukan ronda keliling kampung dengan siskamling (sistem keamanan lingkungan). Gambar tersebut mencerminkan sikap kerukunan antar masyarakat, dimana dengan sukarela dan kesadaran tinggi warga masyarakat turut aktif melakukan kegiatan demi kepentingan bersama. Dengan keamanan lingkungan diharapkan masyarakat dapat hidup lebih tenang dan harmonis.
Ayo Berlatih
Perhatikan kembali tari Kecak dari Bali pada materi sebelumnya. Gerakan pada tarian Kecak duduk melingkar di tempat. Berdasarkan gerakan tari kecak tersebut, pola lantai tarian Kecak adalah pola lantai garis melengkung yang membentuk garis lingkaran. Bisakah kamu mengembangkan pola lantai tari kreasi daerah? Sebelum kamu melakukannya, hendaknya latihan gerak-gerak tari dengan pola lantai berikut.

Amati gambar gerak-gerak di bawah ini. Kemudian, tirukanlah gerakannya bersama teman-temanmu. Berlatihlah sampai kamu menguasai baik gerak maupun pola lantainya
Pola Lantai

Matematika :
Penyajian data dalam diagram batang : 
Silahkan klik link ini untuk melihat materi cara membuat diagram batang
Ayo Berlatih
1. Tuliskan nama pola lantai dari gambar di atas :
Gerak 1 :
Gerak 2 :
Gerak 3 :
Gerak 4 :
Gerak 5 :

2. Apa yang kamu lakukan saat di depan rumahmu ada kegiatan membersihkan lingkungan atau kerja bakti? 

3. Apa manfaat dari hidup rukun?

4. Cobalah kamu pilih salah satu iklan di televisi atau internet,  Gambarlah benda-benda yang ada dalam iklan tersebut. Selanjutnya, buat kesimpulan tertulis tentang isi iklan yang kamu pilih.

5. Berikut ini adalah data tinggi badan siswa kelas IV:

29, 30, 28, 31, 30, 29, 27, 29, 31, 30, 28, 27, 29, 28, 30, 28, 27, 29, 31, 28

Bagaimana bentuk penyajian data berat badan siswa kelas IV dalam diagram batang?



Senin, 13 Mei 2024

Materi Ajar Kelas 5d, Selasa 14 Mei 2024, Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 5


Senin, 13 Mei 2024

Materi Ajar Tema 9 subtema 2 pembelajaran 5 kelas 5d selasa 14 Mei 2024

Tema 9                      : Benda Benda Di Sekitar Kita

Subtema 2                 : Benda Benda Dalam Kegiatan Ekonomi

Pembelajaran               : 5

Muatan Pembelajaran : B.Indonesia , IPA, SBDP

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Anak sholeh sholehah, apa kabarnya hari ini ? semoga selalu sehat, semangat dan ceria serta selalu dalam lindungan Allah SWT. anak anak yang sholeh dan sholehah,  berikut ini materi yang akan kita pelajari hari ini :

Tujuan Pembelajaran : 

1. siswa mampu mengidentifikasi iklan di televisi

2. siswa mampu memahami campuran Homogen

3. siswa mampu memahami pola lantai

Ayo Mengamati
Perhatikan iklan televisi yang dilihat Siti dan kawan-kawannya berikut.
Iklan Vitamani A
Iklan yang dilihat Siti dan teman-temannya adalah iklan vitamin untuk kesegaran tubuh. Iklan tersebut memberikan informasi penting tentang vitamin, yaitu untuk kesegaran tubuh supaya lincah dalam bergerak dan beraktivitas. Vitamin juga menjaga metabolisme tubuh. Jadi, dapat disimpulkan bahwa iklan pada gambar mengajak kepada khalayak untuk minum vitamin itu.

Ayo Berlatih
Iklan televisi merupakan iklan elektronik. Selain iklan televisi, iklan elektronik dapat berupa iklan internet dan radio. Perhatikan cuplikan gambar iklan televisi dan iklan internet berikut. Buat kesimpulan informasi penting tentang isi iklan elektronik melalui media televisi dan internet berikut.
Iklan Televisi
Iklan pada gambar (1)  memberikan informasi penting tentang pasta gigi, menjadi bersih dan kuat. Jadi, dapat disimpulkan bahwa iklan pada gambar (1) mengajak kepada khalayak untuk menggunakan pasta gigi tersebut

Iklan pada gambar (2) memberikan informasi penting tentang shampoo yang dapat menghilangkan ketombe. Jadi dapat disimpulkan bahwa pada gambar iklan (2) mengajak kepada khalayak untuk menggunakan shampo tersebut.

.Iklan pada gambar (3) memberikan informasi penting tentang sirop yang dapat menghilangkan rasa haus. Jadi dapat disimpulkan bahwa pada gambar iklan (3) mengajak kepada khalayak untuk menggunakan/meminum sirop tersebut.
Ketiga iklan tersebut berisi penjelasan atau keunggulan produk yang dimaksudkan untuk mengajak calon pembeli agar membeli produk yang diiklankan
Ayo Mengamati
Iklan pasta gigi, sampo, dan sirop tentu sering kamu lihat, baik melalui televisi maupun internet. Benda-benda di sekitarmu seperti ketiga barang tersebut merupakan benda ekonomi. Mengapa pasta gigi, sampo, dan sirop termasuk benda ekonomi? Coba kamu ingat, bukankah kamu membutuhkan ketiga benda tersebut dalam kehidupan? Itulah alasan pasta gigi, sampo, dan sirop merupakan contoh benda ekonomi.

Enam gelas sirop dingin dan satu gelas kopi panas beserta makanan kecil telah selesai ibu siapkan. Ibu memanggil Siti untuk membantu membawa ke teman-teman Siti dan ayah. Siti segera membantu ibu menghidangkan minuman dan makanan kecil untuk ayah dan teman-temannya. Ayah, Siti, dan teman-temannya menikmati hidangan yang disajikan Siti dan ibunya. Tidak lupa teman-teman Siti mengucapkan terima kasih kepada Siti dan ibunya.

Masih ingatkah kamu air sirop dan air kopi termasuk materi campuran? Tentu kamu masih ingat bukan? Termasuk campuran heterogen atau campuran homogenkah air sirop dan air kopi? Ayo amati kembali.
Air Sirop
  1. Air sirop merupakan campuran atas tiga materi atau zat benda tunggal, yaitu air mineral, gula, dan sari buah (tergantung rasanya). Perhatikan campuran ketiga zat tersebut. Setelah dicampur menjadi air sirop, ketiga zat (air mineral, gula, dan sari buah) tidak dapat dipisahpisah lagi. Artinya, ketiga zat telah tercampur sempurna. Jadi, air sirop termasuk materi campuran homogen.
  2. Air kopi bubuk merupakan campuran atas tiga materi atau zat benda tunggal yaitu air mineral, gula, dan serbuk kopi. Perhatikan campuran ketiga zat tersebut! Setelah dicampur menjadi air kopi, antara air dan kopi masih bisa dipisahkan. Bubuk kopi yang sudah tercampur air memisahkan diri di dasar gelas. Artinya, zat-zat penyusun air kopi tidak tercampur secara sempurna. Jadi, air kopi termasuk materi campuran heterogen.
Ayo Berdiskusi
Kamu telah memahami komponen penyusun campuran. Pada dasarnya, komponen penyusun campuran bisa berupa campuran unsur dengan unsur, unsur dengan senyawa, dan senyawa dengan senyawa. Pernahkah kamu membuat minuman susu? Ketika membuat minuman susu kita mencampurkan susu bubuk dengan air panas. Setelah itu diaduk secara merata sehingga susu bubuk yang awalnya berwujud padat menjadi tidak terlihat. Susu bubuk yang telah bercampur dengan air dinamakan campuran. Jadi, campuran dapat didefinisikan sebagai materi yang terdiri atas dua jenis zat atau lebih.

Sekarang, coba kamu tuliskan beberapa jenis campuran (kamu bebas menentukan jenis campurannya). Selanjutnya, identifikasi komponen penyusun campurannya dan tuliskan pula sifat-sifat atau ciri-ciri campuran tersebut. Diskusikan bersama teman satu kelompokmu. Tuliskan hasil diskusi kelompokmu dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.
No.Jenis CampuranKomponen Penyusun CampuranSifat Campuran
1.Air Sirop (homogen)Air mineral, gula, dan sari buahCampuran tersusun atas dua atau lebih unsur atau senyawa.
2.Air Kopi (Heterogen)Air, Gula, dan KopiCampuran tersusun atas dua atau lebih unsur atau senyawa.
3.Air Teh Manis (Heterogen)Air, Gula, dan TehCampuran tersusun atas dua atau lebih unsur atau senyawa.
4.Es Krim (Homogen)Air, Susu, dan GulaCampuran tersusun atas dua atau lebih unsur atau senyawa.

Ayo Mengamati
Siti dan teman-temannya telah beristirahat cukup. Mereka pun mulai berlatih kembali. Ayah Siti meminta Siti dan teman-temannya berlatih dengan sungguhsungguh. Siti dan teman-temannya harus melakukan gerakan secara benar dan kompak. Mereka juga memperagakan gerak dengan pola lantai supaya tarian mereka terlihat lebih indah. Berikut gerak-gerak yang mereka lakukan.
Gerakan Tari

Tugas Ayo Berlatih!
1. Berdasarkan gerak tari yang dilakukan Siti dan teman-teman di atas, sebutkan bentuk pola lantainya. Tuliskan pada kolom berikut. 

Bentuk pola lantai pada gerak tari di atas adalah 
1.
2.
3.
4.

2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan :
- Homogen
- Heterogen
Dan berikan contoh nya

3. Simaklah iklan elektronik pada TV/Radio/internet, lalu tuliskan informasi penting dari iklan tersebut dan tuliskan kelebihan dari iklan tersebut !

Minggu, 12 Mei 2024

Materi Ajar Kelas 5d, Senin 13 Mei 2024, Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 4

Materi Ajar Tema 9 subtema 2 pembelajaran 4 kelas 5d , Senin 13 Mei 2024

Tema 9                      : Benda Benda Di Sekitar Kita

Subtema 2                 : Benda Benda Dalam Kegiatan Ekonomi

Pembelajaran               : 4

Muatan Pembelajaran : B.Indonesia , Ips

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Anak sholeh sholehah, apa kabarnya hari ini ? semoga selalu sehat, semangat dan ceria serta selalu dalam lindungan Allah SWT. anak anak yang sholeh dan sholehah,  berikut ini materi yang akan kita pelajari hari ini :

Tujuan Pembelajaran : 

1. siswa mampu mengidentifikasi contoh iklan elektronik sangat beragam

2.siswa mampu mengidentifikasi Usaha Ekonomi yang Dikelola Sendiri dan Kelompok

Ayo Mengamati
Perhatikan iklan televisi yang dilihat Udin dan keluarganya! Perhatikan iklan dari segi isinya.
Iklan TV
1. Iklan di televisi menayangkan gambar partai-partai politik dalam Pemilu 2014. Iklan tersebut, untuk mengenalkan kepada khalayak tentang partai-partai politik peserta Pemilu tahun 2014. Melalui iklan tersebut masyarakat dapat mengetahui partai-partai politik yang akan mereka pilih sesuai hati nuraninya tanpa adanya paksaan dari pihak mana pun. Iklan pada gambar termasuk jenis iklan politik.

2. Iklan ini berisi tentang ajakan kepada khalayak untuk membeli aplikasi pendidikan anak berbahasa Indonesia. Iklan ini ditayangkan melalui internet. Berdasarkan isinya, iklan ini termasuk iklan pendidikan.

3. Iklan ini ditayangkan melalui televisi. Kamu tentu sering melihat iklan ini. Iklan ini berisi ajakan kepada khalayak menggunakan sampo. Pada gambar iklan di bawah, dengan menggunakan sampo, rambut akan menjadi bersih, kuat, dan lebat. Dilihat dari isinya iklan sampo ini termasuk jenis iklan kecantikan.

Itulah tiga jenis iklan dilihat dari isinya. Masih bayak jenis iklan lainnya berdasarkan isinya. Apa sajakah itu?

Ayo Membaca
Usaha Ekonomi yang Dikelola Sendiri dan Kelompok
Berdasarkan pengelolanya, usaha ekonomi dapat dibedakan menjadi dua. Pertama, usaha ekonomi yang dikelola sendiri. Kedua adalah usaha ekonomi yang dikelola kelompok. Berikut contoh usaha-usaha ekonomi yang dikelola sendiri dan kelompok.
Usaha Ekonomi yang dikelola sendiri
Usaha ekonomi yang dikelola sendiri atau perseorangan biasanya modalnya terbatas. Contoh usaha ekonomi yang dikelola sendiri atau perorangan sebagai berikut.
  1. Usaha pertanian Seorang petani kebanyakan mengelola usaha pertanian secara perseorangan dengan modal terbatas. Meskipun demikian, ada juga usaha pertanian yang dilakukan secara besar-besaran. Namun, hanya beberapa orang saja yang bisa melakukannya.
  2. Industri kecil Industri kecil biasanya berupa industri rumah tangga. Industri kecil biasanya dikelola secara perseorangan. Contoh industri kecil seperti usaha kerajinan (mebel meja, kursi, dan lemari), industri keramik, kerajinan anyaman, dan tembikar.
  3. Usaha perdagangan Usaha perdagangan yang dikelola secara perseorangan biasanya perdagangan dalam jumlah kecil sampai menengah. Contohnya usaha membuka toko kecil seperti toko kelontong milik ibu Udin. Contoh lainnya seperti membuka warung, penjaja keliling, pedagang kaki lima, pedagang di lapak-lapak pasar, dan pedagang hasil bumi.
  4. Usaha jasa Banyak usaha jasa yang dikelola secara perorangan. Contoh usaha jasa yang dikelola perorangan antara lain usaha salon, bengkel, foto kopi, tukang cukur, dan tukang pijit.

2. Usaha ekonomi yang dikelola kelompok
Usaha ekonomi yang dikelola secara berkelompok adalah usaha yang dijalankan secara bersama-sama, baik dalam hal modal, pengelolaan, maupun dalam hal bagi hasil. Contoh usaha ekonomi yang dikelola secara bersama-sama, antara lain firma, CV, PT, BUMN, Perusahaan Daerah, dan Koperasi.
  1. Firma Firma adalah perusahaan yang didirikan oleh sedikitnya dua orang. Biasanya pendiri firma adalah orang-orang yang sudah saling kenal. Setiap anggota firma mempunyai hak untuk bertindak atas nama firma. Risiko tindakan anggota firma ditanggung bersama.
  2. CV (Commanditaire Vennotschaap/Persekutuan Komanditer) CV adalah perusahaan yang didirikan oleh satu orang pengusaha atau lebih. Modal CV berasal dari pengusaha itu dan dari beberapa penanam modal. Pengusaha menjadi pimpinan perusahaan dan bertanggung jawab atas kelangsungan hidup perusahaan. Para penanam modal mempercayakan pengelolaan CV kepada pengusaha. Sebuah perusahaan yang berbentuk CV bisa dikembangkan dari firma. Hal ini terjadi bila sebuah firma ingin mengembangkan usaha dan membutuhkan tambahan modal.
  3. PT (Perseroan Terbatas) PT adalah perusahaan yang modalnya diperoleh dari penjualan saham. Saham adalah surat berharga sebagai tanda keikutsertaan menanamkan modal dalam perusahaan.
  4. BUMN (Badan Usaha Milik Negara) BUMN atau Perusahaan Negara adalah perusahaan yang seluruh modalnya dimiliki oleh negara. Ada tiga bentuk perusahaan negara, yaitu Perusahaan Jawatan (Perjan), Perusahaan Umum (Perum), dan Perusahaan Perseroan (Persero).
  5. Perusahaan Daerah Perusahaan daerah adalah perusahaan yang modalnya dimiliki oleh Pemerintah Daerah. Tujuan pendirian perusahaan daerah antara lain turut melaksanakan pembangunan ekonomi daerah dan pembangunan ekonomi nasional. Selain itu, perusahaan daerah juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan rakyat dan menyediakan lapangan kerja dalam rangka menuju masyarakat adil dan makmur.
  6. Koperasi Koperasi adalah usaha bersama dalam bidang ekonomi. Kerja sama dalam koperasi berdasarkan prinsip saling membutuhkan dan kesamaan kebutuhan anggotanya. Di Indonesia ada lima bentuk koperasi, yaitu Koperasi Konsumsi, Koperasi Simpan Pinjam, Koperasi Produksi, Koperasi Jasa, dan Koperasi Serba Usaha.
Tugas :
  1. Buatlah kliping “Jenis-Jenis Usaha Perseorangan dan Kelompok”

Kamis, 09 Mei 2024

Materi Ajar Kelas 5d, Jum'at 10 Mei 2024, Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 3


Tema 9                      : Benda Benda Di Sekitar Kita

Subtema 2                 : Benda Benda Dalam Kegiatan Ekonomi

Pembelajaran               : 3

Muatan Pembelajaran :

1. B. Indonesia : ciri ciri bahasa iklan media elektronik
2. PKN : Peristiwa yang mencerminkan persatuan dan kesatuan bangsa
3. IPS : Produk hasil kegiatan ekonomi

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Anak sholeh sholehah, apa kabarnya hari ini ? semoga selalu sehat, semangat dan ceria serta selalu dalam lindungan Allah SWT. anak anak yang sholeh dan sholehah,  berikut ini materi yang akan kita pelajari hari ini :

Tujuan Pembelajaran : 

- Siswa memahami ciri ciri bahasa iklan media elektronik
- Siswa mengetahui Peristiwa yang mencerminkan persatuan dan kesatuan bangsa
- Siswa mengetahui Produk hasil kegiatan ekonomi

Perhatikan rangkuman materi hari ini :


Selasa, 07 Mei 2024

Materi Ajar Kelas 5d, Rabu 8 Mei 2024, Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 2


Tema 9                      : Benda Benda Di Sekitar Kita

Subtema 2                 : Benda Benda Dalam Kegiatan Ekonomi

Pembelajaran               : 2

Muatan Pembelajaran :

1. B. Indonesia : ciri ciri iklan media elektronik
2. IPA : Campuran dan Contohnya
3. SBdP : Pola lantai tari kreasi daerah

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Anak sholeh sholehah, apa kabarnya hari ini ? semoga selalu sehat, semangat dan ceria serta selalu dalam lindungan Allah SWT. anak anak yang sholeh dan sholehah,  berikut ini materi yang akan kita pelajari hari ini :

Tujuan Pembelajaran : 

- Siswa memahami ciri ciri iklan media elektronik
- Siswa memahami benda Campuran dan Contohnya
- Siswa memahami Pola lantai tari kreasi daerah

Perhatikan rangkuman materi hari ini :


Senin, 06 Mei 2024

Materi Ajar Kelas 5d, Selasa 7 Mei 2024, Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 1


Tema 9                      : Benda Benda Di Sekitar Kita

Subtema 2                 : Benda Benda Dalam Kegiatan Ekonomi

Pembelajaran               : 1

Muatan Pembelajaran :

1. B. Indonesia : Isi Iklan dalam media elektronik
2. IPA : Zat zat penyusun dalam minuman

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Anak sholeh sholehah, apa kabarnya hari ini ? semoga selalu sehat, semangat dan ceria serta selalu dalam lindungan Allah SWT. anak anak yang sholeh dan sholehah,  berikut ini materi yang akan kita pelajari hari ini :

Tujuan Pembelajaran : 

- Siswa memahami Isi Iklan dalam media elektronik
- Siswa mengetahui Zat zat penyusun dalam minuman

Perhatikan rangkuman materi hari ini :


Minggu, 05 Mei 2024

Materi Ajar Kelas 5d, Senin 6 Mei 2024, Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 6 dan Matematika


Tema 9                      : Benda Benda Di Sekitar Kita

Subtema 1                 : Benda Tunggal dan Campuran

Pembelajaran               : 6 dan Matematika

Muatan Pembelajaran :

1. IPS : Menjelaskan Garis Lintang dan Garis Bujur
2. PKN : Menjaga persatuan dan kesatuan
3. B.Indonesia : Jenis iklan media cetak
4. MTK : Penyajian data dalam tabel

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Anak sholeh sholehah, apa kabarnya hari ini ? semoga selalu sehat, semangat dan ceria serta selalu dalam lindungan Allah SWT. anak anak yang sholeh dan sholehah,  berikut ini materi yang akan kita pelajari hari ini :

Tujuan Pembelajaran : 

- Siswa mampu Menjelaskan Garis Lintang dan Garis Bujur
- Siswa mampu Menjaga persatuan dan kesatuan
- Siswa mengetahui Jenis iklan media cetak
Siswa memahami Penyajian data dalam tabel

Perhatikan rangkuman materi hari ini :


Matematika :

Penyajian Data, Simak Materi Berikut ini

Kamis, 02 Mei 2024

Materi Ajar Kelas 5d, Jum'at 3 Mei 2024, Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 5


Tema 9                      : Benda Benda Di Sekitar Kita

Subtema 1                 : Benda Tunggal dan Campuran

Pembelajaran               : 5

Muatan Pembelajaran :

1. IPS : Menjelaskan Garis Lintang dan Garis Bujur
2. PKN : Menjaga persatuan dan kesatuan
3. B.Indonesia : Jenis iklan media cetak
4. MTK : Penyajian data dalam tabel

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Anak sholeh sholehah, apa kabarnya hari ini ? semoga selalu sehat, semangat dan ceria serta selalu dalam lindungan Allah SWT. anak anak yang sholeh dan sholehah,  berikut ini materi yang akan kita pelajari hari ini :

Tujuan Pembelajaran : 

- Siswa mampu Menjelaskan Garis Lintang dan Garis Bujur
- Siswa mampu Menjaga persatuan dan kesatuan
- Siswa mengetahui Jenis iklan media cetak
Siswa memahami Penyajian data dalam tabel

Perhatikan rangkuman materi hari ini :


Rabu, 01 Mei 2024

Materi Ajar Kelas 5d, Kamis 2 Mei 2024, Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 3 dan 4


Tema 9                      : Benda Benda Di Sekitar Kita

Subtema 1                 : Benda Tunggal dan Campuran

Pembelajaran               : 3 dan 4

Muatan Pembelajaran :

1. IPS : Menjelaskan Garis Lintang dan Garis Bujur
2. PKN : Menjaga persatuan dan kesatuan
3. B.Indonesia : Jenis iklan media cetak
4. MTK : Penyajian data dalam tabel

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Anak sholeh sholehah, apa kabarnya hari ini ? semoga selalu sehat, semangat dan ceria serta selalu dalam lindungan Allah SWT. anak anak yang sholeh dan sholehah,  berikut ini materi yang akan kita pelajari hari ini :

Tujuan Pembelajaran : 

- Siswa mampu Menjelaskan Garis Lintang dan Garis Bujur
- Siswa mampu Menjaga persatuan dan kesatuan
- Siswa mengetahui Jenis iklan media cetak
Siswa memahami Penyajian data dalam tabel

Perhatikan rangkuman materi hari ini :