Tema 6 :Menuju Masyarakat Sejahtera
Subtema 1 :Masyarakat Peduli Lingkungan
Pembelajaran : 3 dan 4
Muatan Pembelajaran :
1. B. Indonesia : KD. 3.7
Memperkirakan informasi yang dapat diperoleh dari teks nonfiksi sebelum membaca (hanya berdasarkan
membaca judulnya saja).
2. IPA : 3.2
Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi
3. SBdP : 3.2
Interval Nada
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Anak sholeh sholehah, apa kabarnya hari ini ?
Semoga semuanya sehat dan selalu dalam lindungan Allah Subhanahu wa taa'la
Agar lebih semangat mari kita lakukan Ice Breaking sejenak.........
Anak sholeh dan sholehah,
Masih ingatkah pembelajaran kemarin?
Kemarin kita belajar mengenai kewajiban dalam mengisi kemerdekaan, perbedaan makna pertumbuhan dan perkembangan.
hari ini kita belajar tema 6 subtema 1 pembelajaran 3 dan 4
Adapun Tujuan pembelajaran hari ini adalah peserta didik mampu memperkirakan informasi yang terdapat pada teks melalui kata kunci yang ada pada judul, mampu menjelaskan makna pubertas dan ciri-cirinya, mampu menyanyikan lagu sesuai interval nada, dan mampu membedakan mean,
Anak sholih sholihah...
Ayo Membaca
Pada gambar tersebut menunjukkan suasana kampung yang menerapkan peraturan jam belajar bagi warga.. Hal tersebut merupakan perilaku positif masyarakat yang merupakan wujud makna proklamasi kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari.
No | Upaya untuk mengisi kemerdekaan |
---|---|
1. | Rajin beribadah sesuai agama |
2. | Belajar dengan giat, rajin dan tekun |
3. | Mengikuti upacara kemerdekaan dengan hikmat |
4. | Saling menghormati antar sesama |
5. | Mengikuti perlombaan 17 Agustus yang diadakan Panitia setempat |
6. | Ikut serta dalam mengemukakan gagasan/ide/pendapat di dalam kemerdekaan yang ada di kalangan masyarakat maupun sekolah |
7. | Ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang ada di masyarakat |
8. | Menghormati dan menghargai jasa tokoh-tokoh kemerdekaan dengan meneladani semangat kepahlawan. |
9. | Menjaga dan memelihara semangat persatuan kesatuan |
10. | Menolong orang yang membutuhkan. |
Ayo Mengamati
Gambar menunjukkan Siti dan teman-teman sedang menanam pohon. Kegiatan menanam pohon termasuk cara peduli terhadap lingkungan.
Cara menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekolah yaitu dengan membuang sampah di tempat sampah, tidak mencoret-coret dinding sekolah, dan ikut menjaga kebersihan sekolah.
- Deretan nada-nada (naik turun) dari setiap tangga nada. Sebagai contoh c - d - e - f - g - a - b - c - b - a - g - f - e - d - c.
- Jarak antara nada satu ke nada lainnya. Sebagai contoh jarak untuk tangga nada mayor c - d - e - f - g - a - b – c adalah: 1 1 ½ 1 1 1 ½
- Langkah dari nada satu dengan nada lainnya, misalnya dalam tangga nada C mayor nada c ke c langkah ke 1, c ke d langkah ke 2, dan c ke e langkah ketiga.
Urutan tangga nada C mayor c’ d’ e’ f’ g’ a’ b’ c’’
- Kegiatan reboisasi di lahan gundul.
- Pengadaan tempat pembuangan sampah secara bersama-sama.
- Penanaman pohon di sekitar pekarangan rumah.
- Berhemat air dalam kegiatan sehari-hari.
“Bentuk Kepedulian Remaja Terhadap Lingkungan”
Ciri-ciri pubertas anak laki-laki:a. badan bertambah tinggi.b. jakun mulai tumbuh.c. bahu bertambah lebar dan bidang.
No | Ciri Fisik Pubertas Pada Anak Perempuan |
---|---|
1. | Tumbuhnya rambut halus di ketiak dan alat kelamin |
2. | Suara jadi melengking |
3. | Payudara mulai tumbuh dan membesar |
4. | Pinggul membesar |
Pengolahan Data
Membandingkan Mean, Median, dan Modus
Pengertian Mean, Median, dan modus
Mean dapat diartikan sebagai nilai rata-rata suatu kelompok data.
Median adalah nilai tengah data setelah diurutkan.
Sedangkan modus merupakan nilai yang sering muncul dalam suatu kelompok data.
Cara Menghitung Mean/Rata-rata
Rata-rata = Jumlah data/banyak data
Contoh : Nilai Matematika siswa kelas 6 sebagai berikut:
70, 60, 80, 80, 70, 80, 75, 75, 90, 80, 100, 70, 80, 85, 70, 80.
Berapakah rata-rata nilai Matematika kelas 6?
- Langkah Pertama adalah di jumlahkan semua data
Jumlah semua data= 1245
Jumlah data = 16
Rata-rata = Jumlah data/banyak data
Rata-rata = 1245/16
Rata-rata = 77,8125
Jika diambil 2 angka setelah koma maka hasilnya
Rata-rata = 77,81
Median adalah nilai data yang ada di tengah kelompok data setelah diurutkan.
Ada 2 cara menentukan median yaitu:
- Median pada kelompok data berjumlah ganjil.
- Median pada kelompok data berjumlah genap.
Langkah menentukan data:
- Urutkan data dari yang paling kecil
- Hitung jumlah datanya. Jika ganjil, median adalah nilai yang ada di tengah. Jika genap, akan ada dua data yang berada di tengah. Kedua data tersebut dijumlahkan kemudian dibagi dua.
Cara mencari median data ganjil bisa menggunakan rumus di bawah ini.
Median = (N+1)/2
Keterangan = N adalah banyak data
Dari rumus di atas maka cara mencari median dengan banyak data ditambah satu kemudian di bagi dua. Maka nilai yang diperoleh nilai tengah dari data yang sudah diurut.
Contoh median data ganjil
Nilai Matematika siswa kelas 6 sebagai berikut:
70, 60, 80, 80, 70, 80, 75, 75, 90, 80, 100, 70, 80, 85, 70.
Penyelesaian:
Data setelah diurut: 60, 70, 70, 70, 70, 75, 75, 80, 80, 80, 80, 80, 85, 90, 100
Banyak data = 15
Me = (N+1)/2
Me = (15+1)2
Me = 16/2
Me = 8
Data ke-8 adalah 80
Jadi median adalah data kedelapan yaitu 80.
Cara mencari median data genap berbeda dengan data ganjil. Adapun untuk mencari median data genap bisa melihat rumus di bawah ini.
Me = ((N/2)+((N/2)+1)):2
Keterangan N = banyak data
Jadi berdasarkan rumus di atas, untuk mencari data tengah atau data pusat jika banyak data genap maka caranya jumlah data dibagi kedua ditambah jumlah data dibagi dua ditambah satu, kemudian dibagi dua.
Misalnya jumlah data 20. Maka cara mediannya adalah 20/2 = 10. Jadi median adalah data ke 10 ditambah data ke 11 kemudian dibagi 2. Untuk lebih mudahnya bisa disimak contoh di bawah ini.
Contoh median data genap
Nilai Matematika siswa kelas 6 sebagai berikut: 70, 60, 80, 80, 70, 80, 75, 75, 90, 80, 100, 70, 80, 85, 70, 80.
Penyelesaian:
Data setelah diurut: 60, 70, 70, 70, 70, 75, 75, 80, 80, 80, 80, 80, 80, 85, 90, 100
Jumlah data (N) = 16
Me =((N/2)+((N/2)+1)):2
Me = (16/2 + (16/2)+1):2
Me = (data ke 8 + data 9):2
Data ke 8 = 80
Data ke 9 = 80
Jadi Median data tersebut adalah (80+80)2 = 160/2
Median = 80
Modus adalah data yang paling banyak keluar atau muncul. Modus bisa juga berarti data dominan dalam sebuah kompulan data.
Diketahui tinggi badan siswa kelas 6 sebuah sekolah dasar sebagai berikut (dalam cm):
140, 135, 135, 130, 125, 130, 130, 150, 110, 115, 130, 135, 130, 140, 130.
Tentukan modus dari data tersebut!
Penyelesaian
Data Tinggi badan (dalam cm)
110 = 1 anak
115 = 1 anak
125 = 1 anak
130 = 6 anak
135 = 3 anak
140 = 2 anak
150 = 1 anak
Dari data siswa tersebut di atas dapat diketahui bahwa siswa paling banyak memiliki tinggi badan 130 cm. Jadi Modus data tersebut adalah 130 cm
Untuk lebih jelasnya silakan simak dan tonton video berikut!
https://www.youtube.com/watch?v=LsgtdG842fw
Latihan MTK
1. Nilai Latihan MTK beberapa siswi Kelas 6 adalah : 8, 9, 7, 6, 8, 7, 8, 6, 6, 7, 7, 9, 10
Berapa nilai rata-rata ( mean) dari data di atas?
2. Nilai hasil ulangan matematika dari 13 siswa adalah sebagai berikut :6, 8, 5, 7, 6, 8, 5, 9, 6, 6, 8, 7,10
Median dari data tersebut adalah . . . .
2. 3. Nilai MTK dari 18 siswa yaitu: 6, 8, 9, 6, 9, 10, 8, 9, 7, 8, 6, 8, 6, 6, 7, 7, 9, 10
Modus data tersebut adalah ....
4. Berikut ini adalah data pekerjaan orang tua siswa kelas 1 sampai kelas 6 SDN Sukajaya : Petani 25 orang, Nelayan 15 orang, penjahit 8 orang, wirausaha 13 orang, pedagang 12 orang, tentara 6 orang, polisi 2 orang, guru 6 orang , polisi 2 orang, guru 6 orang dan buruh 15 orang. Selisih pekerjaan orang tua yang paling banyak dan paling sedikit adalah ....
Demikianlah pembelajaran kita hari ini,semoga bermanfaat
Mari kita akhiri pembelajaran hari ini dengan mengucapkan hamdalah ......
0 komentar:
Posting Komentar