Tema 6 : Panas dan Perpindahannya
Subtema 1 : Suhu dan Kalor
Pembelajaran : 3 dan 4
Muatan Pembelajaran :
1. B.Indo : Membuat Kesimpulan dari Teks Eksplanasi
2. IPS : Mengidentifikasi interaksi manusia dengan lingkungan alam dan pengaruhnya
3. PPKN : Menjelaskan makna Hak sebagai siswa dan warga negara
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Anak sholeh sholehah, apa kabarnya hari ini ? semoga selalu sehat, semangat dan ceria serta selalu dalam lindungan Allah SWT. anak anak yang sholeh dan sholehah, berikut ini materi yang akan kita pelajari hari ini :
Tujuan Pembelajaran :
- Siswa Mampu Membuat Kesimpulan dari Teks Eksplanasi
- Siswa Mampu Mengidentifikasi interaksi manusia dengan lingkungan alam dan pengaruhnya
- Siswa Mampu Menjelaskan makna Hak sebagai siswa dan warga negara
Perhatikan Rangkuman Materi hari ini :
Perhatikanlah gambar di bawah! Buku merupakan salah satu media cetak yang menjadi sumber informasi yang paling sering digunakan masyarakat hingga saat ini. Apakah kamu memiliki buku serupa dengan buku pada gambar di atas? Ya, buku itu biasanya buku ilmu pengetahuan yang berisi informasi tentang peristiwa alam yang terjadi di sekitar. Selain terdapat teks penjelasan, di dalam buku itu juga terdapat gambar-gambar yang mendukung penjelasan informasi yang diberikan. Gambar-gambar tersebut juga membuat buku itu semakin menarik bagi pembacanya.
Manusia dengan Lingkungan Alam
2. Tuliskanlah kata-kata kunci yang ada dalam setiap paragraf di atas.
- Paragraf 1 : Makhluk hidup dan lingkungan alam
- Paragraf 2 : Hubungan benda mati dan makhluk hidup
- Paragraf 3 : Pengaruh makhluk hidup terhadap benda mati
- Paragraf 4 : Penyesuaian diri manusia terhadap lingkungan alam
- Paragraf 5 : Pemanfaatan alam oleh manusia
3. Buatlah sebuah pertanyaan dengan menggunakan kata kunci yang kamu tentukan dari setiap paragraf pada bacaan di atas. Kemudian, mintalah temanmu untuk menjawabnya!
Mengapa makhluk hidup dapat memengaruhi benda mati?
4. Buatlah paling sedikit dua pertanyaan tentang bacaan yang ingin sekali kamu ketahui lebih dalam!
Mengapa manusia membutuhkan hewan dan tumbuhan?Mengapa manusia menyesuaikan diri dengan lingkungan alam?
5. Apa yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas? Jelaskanlah isi bacaan di atas kepada teman sebangkumu.
Makhluk hidup melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup dan lingkungnnya. Makhluk hidup juga dapat memengaruhi benda mati. Manusia memanfaatkan alam menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi
Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan bacaan di atas!
- Apa yang dimaksud dengan lingkungan alam? Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup yang saling berinteraksi.
- Apa saja interaksi yang terjadi dalam lingkungan alam? Interaksi antara benda mati dengan makhluk hidup, interaksi antara makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya.
- Jelaskanlah salah satu contoh bentuk interaksi antara lingkungan yang terdiri atas lingkungan benda hidup dan benda mati! Daerah yang banyak tumbuhannya akan membuat suhu udara menjadi lebih sejuk.
- Jelaskanlah interaksi apa saja yang terjadi antara manusia dengan lingkungan alamnya! Interaksi antara manusia dan lingkungan alam, dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu interaksi yang menyesuaikan diri dengan alam dan interaksi yang memanfaatkan alam.
- Berikanlah contoh bentuk interaksi antara manusia dengan lingkungan alam yang kamu ketahui! Para petani harus menyesuaikan waktu tanam dengan musim penghujan agar tanamannya dapat tumbuh dengan baik. Para nelayan memilih waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca agar terhindar dari bencana dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak.
Ayo Menulis
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini. Jelaskanlah pokok pikiran di setiap paragraf dengan menggunakan tabel berikut! Lengkapi juga dengan informasi penting pada setiap paragrafnya!
Paragraf | Pokok Pikiran | Informasi Penting |
---|---|---|
1 | Hubungan makhluk hidup dengan lingkungan. | Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup. Lingkungan alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup. |
2 | Benda mati dan makhluk hidup saling memengaruhi | Bentuk hubungan antara benda mati dan makhluk hidup adalah jenis tanah, suhu, dan curah hujan memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh dan hewan yang berkembang |
3 | Makhluk hidup dapat memengaruhi benda mati. | Daerah yang banyak tumbuhannya menjadi lebih sejuk dan air tanah yang berlimpah. Tanaman membantu tanah untuk menahan air dan menyimpannya |
4 | Hubungan antara manusia dan lingkungan alam | Hubungan yang membuat manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan alam. Hubungan yang membuat manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya |
5 | Pemanfaatkan alam oleh manusia | Untuk menanggulangi akibat kemarau panjang manusia membuat hujan buatan dengan menggunakan pengetahuan dan teknologi. |
2. Buatlah sebuah tulisan dalam satu paragraf yang menjelaskan tentang bacaan di atas. Gunakanlah pokok pikiran dan informasi penting di atas dalam tulisanmu. Usahakanlah untuk menggunakan bahasamu sendiri.
Makhluk hidup dan lingkungan saling berhubungan. Selain dengan lingkungan makhluk hidup juga berhubungan dengan benda mati. Makhluk hidup dapat memengaruhi benda mati. Ada 2 macam hubungan antara manusia dengan alam yaitu manusia menyesuaikan diri dengan alam dan pemanfaatan alam oleh manusia. Manusia memanfaatkan alam menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mereka miliki
1. Bagaimanakah kondisi geografis lingkungan di daerah tempat tinggalmu? Apakah termasuk daerah pantai, pegunungan, atau dataran?
Daerah saya termasuk daerah pegunungan
Daerah Tempat Tinggal | Pekerjaan Utama Penduduk |
---|---|
Pegunungan | Petani |
Dataran Tinggi | Petani |
Dataran Rendah | Petani |
Pantai | Nelayan |
Bentuk Interaksi Masyarakat dengan Alam | Hasil Interaksi dengan Lingkungan Alam |
---|---|
Bercocok tanam | Mudah mendapatkan sayuran dan buah-buahan |
Menjadi nelayan | Mendapatkan berbagai jenis ikan |
Memelihara hewan ternak sapi | Mudah mendapatkan susu dan daging |
Melakukan penghijauan | Tersedianya sumber air bersih |
Daerah yang berbeda, tanaman yang dihasilkan pun bisa berbeda sehingga manusia harus mampu menyesuaikan diri.
- Hak Kelangsungan Hidup, hak untuk melestarikan dan mempertahankan hidup dan hak memperoleh standar kesehatan tertinggi dan perawatan yang sebaik-baiknya. Apakah kamu tahu nama lengkap kedua orang tuamu? Apakah kamu tahu asal usul kedua orang tuamu? Apakah kamu tahu asal usul keluargamu? Setiap anak berhak tahu keluarganya dan identitas dirinya.
- Hak Perlindungan, perlindungan dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan keterlantaran. Kamu memiliki hak yang sama dengan anak-anak lain untuk melakukan kegiatan keagamaanmu, atau melakukan kegiatan perayaan tradisimu. Sebagai seorang anak kamu belum boleh bekerja, dan kamu berhak diperlakukan secara baik tanpa kekerasan.
- Hak Tumbuh Kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial. Kamu memiliki hak untuk sekolah, mendapatkan tempat tinggal, mendapatkan makanan dan minuman yang layak. Hakmu adalah bermain dan mendapatkan istirahat yang cukup, karena hal itu diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembanganmu sebagai seorang anak.
- Hak Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi anak. Kamu mempunyai hak untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan usiamu. Kamu juga berhak untuk memberikan pendapat jika itu berhubungan dengan kehidupanmu sebagai seorang anak.
No. | Kata Sulit | Makna |
---|---|---|
1. | Konvensi | Permufakatan atau kesepakatan |
2. | Ratifikasi | Pengesahan dokumen negara khususnya pengesahan undang-undang, perjanjian antarnegara, dan persetujuan hukum internasional; |
3. | Identitas | Ciri-ciri atau keadaan khusus seseorang; jati diri: |
4. | Diskriminasi | Pembedaan perlakuan terhadap sesama warga negara |
5 | Eksploitasi | Pemanfaatan untuk keuntungan sendiri; |
- Hak Kelangsungan Hidup, hak untuk melestarikan dan mempertahankan hidup dan hak memperoleh standar kesehatan tertinggi dan perawatan yang sebaik-baiknya.
- Hak Perlindungan, perlindungan dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan keterlantaran.
- Hak Tumbuh Kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial.
- Hak Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi anak.
No. | Hak Anak | Ket. |
---|---|---|
1. | Hak Kelangsungan Hidup | √ |
2. | Hak Perlindungan, perlindungan dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan keterlantaran. | √ |
3. | Hak Tumbuh Kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial. | √ |
4. | Hak Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi anak. | √ |
No. | Hak Anak | Cara Mendapatkan |
---|---|---|
1. | Hak Kelangsungan Hidup | Selalu menjaga kesehatan tubuh dengan makan makanan bergizi. Selalu memeriksakan kesehatan tubuh. |
2. | Hak Perlindungan | Mematuhi semua aturan yang ada dalam keluarga. Taat dan patuh terhadap perintah orang tua. |
3. | Hak Tumbuh Kembang | Belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh, Memanfaatkan waktu dengan bijak untuk bermain dan belajar. |
4. | Hak Berpartisipasi | Mendengarkan dan melaksanakan nasehat orang tua. menyampaikan pendapat dengan sopan, |
- mendapat perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya;
- memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya;
- mengikuti program pendidikan yang bersangkutan atas dasar pendidikan berkelanjutan, baik untuk mengembangkan kemampuan diri maupun untuk memperoleh pengakuan tingkat pendidikan tertentu yang telah dibakukan;
- mendapat bantuan fasilitas belajar, beasiswa, atau bantuan lain sesuai dengan persyaratan yang berlaku;
- pindah ke sekolah yang sejajar atau yang tingkatnya lebih tinggi sesuai dengan persyaratan penerimaan siswa pada sekolah yang hendak dimasuki;
- memperoleh penilaian hasil belajarnya;
- menyelesaikan program pendidikan lebih awal dari waktu yang ditentukan;
- mendapat pelayanan khusus bilamana menyandang cacat.
Hak adalah milik, kepunyaan, kewenangan untuk berbuat sesuatu karena telah ditentukan oleh undang-undang, aturan, dsb.
Ayo Renungkan Di akhir pembelajaran, siswa diharapkan dapat melakukan refleksi diri dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini: 1. Apa hal paling menarik yang kamu pelajari pada kegiatan pembelajaran hari ini? 2. Tantangan apa yang kamu hadapi pada kegiatan pembelajaran hari ini? Bagaimana kamu menghadapinya? 3. Apakah yang kamu rasakan ketika hakmu terpenuhi?
0 komentar:
Posting Komentar