Rabu, 03 September 2025

Materi Ajar Kelas 4 Zainab, Kamis 4 September 2025

 

Materi Ajar Kelas 4 Zainab

Hari / Tanggal : Kamis / 4 Sept 2025

Mata Pelajaran : 

1. IPAS : Gaya

2. Bahasa Indonesia : SPOK

CP Bahasa Indonesia :

Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio

CP IPAS :

Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya sertamanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Hallo Anak Sholeh dan Sholehah kelas 4 Zainab 😊😊😊

Apa Kabarnya hari ini ? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Aamiin 

berikut adalah rangkuman materi yang akan kita pelajari hari ini : 

1. IPAS : Gaya 

TP : Murid dapat menjelaskan ragam gaya yang terlibat dalam aktivitas sehari-hari

https://youtu.be/epR7fu-wKRQ?feature=shared

Atau klik disini untuk melihat video pembelajaran : https://youtu.be/epR7fu-wKRQ?feature=shared

*Pengertian Gaya*

- Gaya adalah tarikan atau dorongan yang dapat mempengaruhi gerak atau bentuk suatu benda.

*Ragam Gaya dalam Aktivitas Sehari-Hari*

- Gaya gravitasi: gaya yang menarik benda ke arah bumi, contohnya benda yang jatuh ke tanah.

- Gaya otot: gaya yang dihasilkan oleh kontraksi otot, contohnya mengangkat beban atau berlari.

- Gaya gesek: gaya yang timbul karena adanya gesekan antara dua permukaan, contohnya rem sepeda atau gesekan antara sepatu dengan lantai.

- Gaya magnet: gaya yang timbul karena adanya medan magnet, contohnya magnet yang menarik benda logam.

*Contoh Gaya dalam Aktivitas Sehari-Hari*

- Gaya gravitasi: bermain bola yang dilempar ke atas akan jatuh ke tanah.

- Gaya otot: berlari atau mengangkat beban.

- Gaya gesek: mengerem sepeda atau menghentikan bola yang menggelinding.

- Gaya magnet: menggunakan magnet untuk mengambil benda logam.

*Kegiatan Pembelajaran*

1. Pengenalan konsep gaya dan ragam gaya.

2. Eksperimen dengan gaya gravitasi, gaya otot, gaya gesek, dan gaya magnet.

3. Membuat contoh-contoh gaya dalam aktivitas sehari-hari.

4. Diskusi tentang peran gaya dalam kehidupan sehari-hari.

*Manfaat Pembelajaran*

- Siswa dapat memahami konsep gaya dan ragam gaya yang terlibat dalam aktivitas sehari-hari.

- Siswa dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam mengidentifikasi dan menjelaskan gaya-gaya yang terlibat dalam aktivitas sehari-hari.

- Siswa dapat meningkatkan kesadaran tentang peran gaya dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan memahami materi ini, siswa dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam memahami dan menjelaskan ragam gaya yang terlibat dalam aktivitas sehari-hari.

2. Bahasa Indonesia : SPOK

TP : Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat mengemukakan pendapat dengan jelas, dengan suara dan intonasi

https://youtu.be/Kz4X2Db051g?feature=shared

Atau klik link berikut ini untuk melihat videonya : https://youtu.be/Kz4X2Db051g?feature=shared

*Pengertian SPOK*
- SPOK adalah struktur kalimat yang terdiri dari:
- Subjek (S): orang atau benda yang melakukan aksi.
- Predikat (P): kata kerja yang menjelaskan aksi yang dilakukan oleh subjek.
- Objek (O): orang atau benda yang terkena aksi.
- Keterangan (K): informasi tambahan tentang waktu, tempat, cara, atau keadaan.

*Contoh Kalimat SPOK*
- "Ani (S) membaca (P) buku (O) di perpustakaan (K)."
- "Rina (S) memasak (P) nasi goreng (O) untuk sarapan (K)."

*Fungsi SPOK*
- SPOK membantu menjelaskan struktur kalimat yang jelas dan efektif.
- SPOK membantu pembaca atau pendengar memahami makna kalimat dengan lebih baik.

*Kegiatan Pembelajaran*
1. Pengenalan konsep SPOK dan contoh kalimat.
2. Analisis struktur kalimat SPOK.
3. Membuat kalimat dengan struktur SPOK yang benar.
4. Diskusi tentang pentingnya SPOK dalam komunikasi yang efektif.

*Manfaat Pembelajaran*
- Siswa dapat memahami struktur kalimat SPOK dan membuat kalimat yang efektif.
- Siswa dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam berkomunikasi dengan jelas dan efektif.
- Siswa dapat memahami pentingnya struktur kalimat yang baik dalam komunikasi.

Dengan memahami materi ini, siswa dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam membuat kalimat yang efektif dan berkomunikasi dengan jelas.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar