Materi Ajar Kelas 4 Zainab
Hari / Tanggal : Kamis / 25 Sept 2025
Mata Pelajaran :
1. IPAS : Peta
2. Bahasa Indonesia : Menyimak
CP Bahasa Indonesia :
Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio
CP IPAS :
Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya sertamanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Hallo Anak Sholeh dan Sholehah kelas 4 Zainab 😊😊😊
Apa Kabarnya hari ini ? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Aamiin
berikut adalah rangkuman materi yang akan kita pelajari hari ini :
1. IPAS : Peta
TP : Murid dapat mengidentifikasi kondisi geografis wilayah tempat tinggal melalui peta konvensional/digital
https://youtu.be/v5tYjyf6ya4?si=AofHwIUjUMVoeh4O
https://youtu.be/v5tYjyf6ya4?si=AofHwIUjUMVoeh4O
*Kondisi Geografis Wilayah*
1. *Apa itu Kondisi Geografis?*: Kondisi geografis mencakup aspek seperti lokasi, bentuk lahan (dataran, perbukitan, pegunungan), sungai, danau, serta iklim di suatu wilayah.
2. *Menggunakan Peta*:
- *Peta Konvensional*: Peta cetak yang menunjukkan simbol-simbol untuk menggambarkan kondisi geografis.
- *Peta Digital*: Peta interaktif di perangkat digital seperti tablet atau komputer yang bisa di-zoom dan menampilkan informasi lebih detail.
*Aktivitas Pembelajaran*
- Murid melihat peta wilayah tempat tinggalnya dan mengidentifikasi kondisi geografis seperti sungai, bukit, atau dataran.
- Diskusikan bagaimana kondisi geografis mempengaruhi kehidupan sehari-hari di wilayah tersebut.
- Murid bisa menggunakan peta digital untuk mengeksplorasi lebih lanjut tentang wilayahnya.
*Manfaat Mengidentifikasi Kondisi Geografis*
- Membantu memahami karakteristik wilayah tempat tinggal.
- Meningkatkan kesadaran tentang bagaimana geografi mempengaruhi kehidupan masyarakat.
2. Bahasa Indonesia : Menyimak
TP : Melalui kegiatan menyimak teks yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi dan memahami kosakata baru.
https://youtu.be/AtpTtvdEhPA?si=oAP_pcIbQX32glj_
https://youtu.be/AtpTtvdEhPA?si=oAP_pcIbQX32glj_
0 komentar:
Posting Komentar