Rabu, 24 September 2025

Materi Ajar Kelas 4 Zainab, Kamis 25 September 2025

 

Materi Ajar Kelas 4 Zainab

Hari / Tanggal : Kamis / 25 Sept 2025

Mata Pelajaran : 

1. IPAS : Peta

2. Bahasa Indonesia : Menyimak

CP Bahasa Indonesia :

Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio

CP IPAS :

Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya sertamanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Hallo Anak Sholeh dan Sholehah kelas 4 Zainab 😊😊😊

Apa Kabarnya hari ini ? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Aamiin 

berikut adalah rangkuman materi yang akan kita pelajari hari ini : 

1. IPAS : Peta

TP : Murid dapat mengidentifikasi kondisi geografis wilayah tempat tinggal melalui peta konvensional/digital

https://youtu.be/v5tYjyf6ya4?si=AofHwIUjUMVoeh4O

https://youtu.be/v5tYjyf6ya4?si=AofHwIUjUMVoeh4O

*Kondisi Geografis Wilayah*

1. *Apa itu Kondisi Geografis?*: Kondisi geografis mencakup aspek seperti lokasi, bentuk lahan (dataran, perbukitan, pegunungan), sungai, danau, serta iklim di suatu wilayah.

2. *Menggunakan Peta*:

    - *Peta Konvensional*: Peta cetak yang menunjukkan simbol-simbol untuk menggambarkan kondisi geografis.

    - *Peta Digital*: Peta interaktif di perangkat digital seperti tablet atau komputer yang bisa di-zoom dan menampilkan informasi lebih detail.

*Aktivitas Pembelajaran*

- Murid melihat peta wilayah tempat tinggalnya dan mengidentifikasi kondisi geografis seperti sungai, bukit, atau dataran.

- Diskusikan bagaimana kondisi geografis mempengaruhi kehidupan sehari-hari di wilayah tersebut.

- Murid bisa menggunakan peta digital untuk mengeksplorasi lebih lanjut tentang wilayahnya.

*Manfaat Mengidentifikasi Kondisi Geografis*

- Membantu memahami karakteristik wilayah tempat tinggal.

- Meningkatkan kesadaran tentang bagaimana geografi mempengaruhi kehidupan masyarakat.

2. Bahasa Indonesia : Menyimak

TP : Melalui kegiatan menyimak teks yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi dan memahami kosakata baru.

https://youtu.be/AtpTtvdEhPA?si=oAP_pcIbQX32glj_

https://youtu.be/AtpTtvdEhPA?si=oAP_pcIbQX32glj_

*Kegiatan Menyimak Teks*
1. *Menyimak Teks yang Dibacakan*: Guru membacakan teks dengan jelas dan peserta didik menyimak dengan saksama.
2. *Menyimpulkan Informasi*: Setelah menyimak, peserta didik diminta untuk menyimpulkan informasi utama dari teks yang dibacakan.
3. *Memahami Kosakata Baru*: Peserta didik mengidentifikasi dan memahami arti kosakata baru yang muncul dalam teks.

*Strategi Pembelajaran*
- Guru membacakan teks dengan intonasi yang tepat dan berhenti sejenak untuk memberikan kesempatan peserta didik memahami.
- Setelah menyimak, peserta didik diminta menjawab pertanyaan tentang teks atau menceritakan kembali informasi yang didapat.
- Diskusikan kosakata baru dan contoh penggunaannya dalam kalimat.

*Manfaat Kegiatan Menyimak*
- Meningkatkan kemampuan menyimak dan memahami informasi.
- Memperkaya kosakata dan kemampuan berbahasa

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar