Materi Ajar Kelas 4 Zainab
Hari / Tanggal : Selasa / 26 Agustus 2025
Mata Pelajaran :
1. Pendidikan Pancasila : Menjelajah Lingkungan Tempat Tinggalku
2. Matematika : Operasi Perkalian Bilangan Cacah Sampai 100
3. IPAS : Gaya
4. Seni Rupa : Tekstur
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Hallo Anak Sholeh dan Sholehah kelas 4 Zainab 😊😊😊
Apa Kabarnya hari ini ? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Aamiin
berikut adalah rangkuman materi yang akan kita pelajari hari ini :
1. Pendidikan Pancasila
- CP : Murid Membedakan dan menghargai identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, agama dan kepercayaannya di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
- TP : Murid dapat mengenal dan mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal (desa atau kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Materi :
https://youtu.be/SG1q1vkj5dI?si=wfCrx0HpxuI7a_2B
Atau klik disini untuk melihat video pembelajaran : https://youtu.be/SG1q1vkj5dI?si=wfCrx0HpxuI7a_2B
*Tujuan Pembelajaran*
1. Siswa dapat memahami pentingnya lingkungan tempat tinggal yang bersih dan sehat.
2. Siswa dapat mengidentifikasi peran individu dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.
3. Siswa dapat memahami nilai-nilai Pancasila yang terkait dengan lingkungan hidup.
*Materi Ajar*
*Lingkungan Tempat Tinggal*
- Lingkungan tempat tinggal adalah tempat di mana kita hidup dan berinteraksi dengan orang lain.
- Lingkungan yang bersih dan sehat sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan kita.
*Peran Individu dalam Menjaga Lingkungan*
- Kita dapat menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
- Kita dapat membantu menjaga kesehatan lingkungan dengan melakukan kegiatan yang ramah lingkungan.
*Nilai-Nilai Pancasila yang Terkait dengan Lingkungan Hidup*
- Sila pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa (menghargai ciptaan Tuhan dan menjaga lingkungan sebagai bentuk syukur).
- Sila kedua: Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab (menghormati hak-hak orang lain dan lingkungan hidup).
- Sila ketiga: Persatuan Indonesia (bekerja sama untuk menjaga lingkungan hidup).
*Kegiatan Pembelajaran*
1. Diskusi tentang pentingnya lingkungan tempat tinggal yang bersih dan sehat.
2. Identifikasi peran individu dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.
3. Analisis nilai-nilai Pancasila yang terkait dengan lingkungan hidup.
4. Kegiatan lapangan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah atau masyarakat.
*Manfaat Pembelajaran*
- Siswa dapat memahami pentingnya menjaga lingkungan hidup dan peran individu dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.
- Siswa dapat mengembangkan nilai-nilai Pancasila yang terkait dengan lingkungan hidup.
- Siswa dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi dalam menjaga lingkungan hidup.
Dengan memahami materi ini, siswa dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi dalam menjaga lingkungan hidup dan mengembangkan nilai-nilai Pancasila yang terkait dengan lingkungan hidup.
2. IPAS
CP : Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya
- TP : Murid dapat menjelaskan ragam gaya yang terlibat dalam aktivitas sehari-hari
Materi :
https://youtu.be/epR7fu-wKRQ?feature=shared
Atau klik disini untuk melihat video pembelajaran : https://youtu.be/epR7fu-wKRQ?feature=shared
*Pengertian Gaya*
- Gaya adalah tarikan atau dorongan yang dapat menyebabkan perubahan pada benda, seperti perubahan bentuk, arah, atau kecepatan.
- Gaya dapat berupa tarikan atau dorongan yang dilakukan oleh manusia, hewan, atau benda lainnya.
*Jenis-Jenis Gaya*
- Gaya gravitasi: gaya tarik bumi yang menyebabkan benda jatuh ke tanah.
- Gaya gesek: gaya yang timbul ketika dua permukaan benda bersentuhan dan saling menghambat gerakan.
- Gaya magnet: gaya tarik atau tolak yang timbul antara magnet dan benda magnetik lainnya.
*Contoh Gaya dalam Kehidupan Sehari-Hari*
- Gaya gravitasi: buah yang jatuh dari pohon ke tanah.
- Gaya gesek: rem sepeda yang digunakan untuk menghentikan laju sepeda.
- Gaya magnet: magnet yang digunakan untuk menempelkan benda-benda kecil seperti jarum atau paku.
*Pengaruh Gaya terhadap Benda*
- Gaya dapat menyebabkan perubahan bentuk benda, seperti ketika tanah liat dibentuk menjadi berbagai bentuk.
- Gaya dapat menyebabkan perubahan arah benda, seperti ketika bola sepak ditendang ke arah gawang.
- Gaya dapat menyebabkan perubahan kecepatan benda, seperti ketika mobil dipercepat atau diperlambat.
*Aplikasi Gaya dalam Kehidupan Sehari-Hari*
- Gaya digunakan dalam berbagai aktivitas sehari-hari, seperti berjalan, berlari, mengangkat benda, dan lain-lain.
- Gaya juga digunakan dalam berbagai teknologi, seperti rem mobil, mesin, dan lain-lain.
0 komentar:
Posting Komentar