Minggu, 20 Juli 2025

Materi Ajar Kelas 4 Zainab SD Al Azhar 1 Bandar Lampung | Senin, 21 Juli 2025

 

Materi Ajar Kelas 4 Zainab

Hari / Tanggal : Senin / 21 Juli 2025

Mata Pelajaran : 

1. Pendidikan Pancasila : Identitas Masyarakat di Lingkungan Tempat Tinggal

2. IPAS : Materi dan Karakteristiknya

3. Bahasa Indonesia : Unsur Pembangun caerita

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Hallo Anak Sholeh dan Sholehah kelas 4 Zainab 😊😊😊

Apa Kabarnya hari ini ? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Aamiin 

berikut adalah rangkuman materi yang akan kita pelajari hari ini : 

1. Pendidikan Pancasila

- CP : Murid Membedakan dan menghargai identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, agama dan kepercayaannya di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.

- TP  : Murid mampu Mengidentifikasi, membedakan, dan menghargai identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, agama dan kepercayaannya serta mempraktikkan di lingkungan masyarakat.

Materi : Identitas Masyarakat di Lingkungan Tempat Tinggal

Identitas masyarakat di lingkungan tempat tinggal mencakup berbagai aspek yang membuat suatu kelompok masyarakat unik. Ini termasuk bahasa, agama, suku, adat istiadat, tradisi, serta nilai-nilai dan norma yang dianut bersamaMengenali dan memahami identitas ini penting untuk membangun kerukunan, toleransi, dan kerjasama di tengah keberagaman

Dengan memahami dan menghargai identitas masyarakat di lingkungan tempat tinggal, kita dapat membangun hubungan yang lebih baik, memperkuat persatuan, dan menciptakan lingkungan yang harmonis dan inklusif

perhatikan video pembelajaran berikut ini :

Identitas Masyarakat 

2. IPAS

CP : Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya.

TP : Murid dapat mengenali materi dan karakteristiknya

Materi : Materi dan karakteristiknya

Materi adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Materi dapat dikenali dari karakteristiknya, seperti wujudnya (padat, cair, gas), serta sifat-sifat fisika dan kimianyaMemahami materi dan karakteristiknya penting dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan kehidupan sehari-hari. 
Wujud Materi:
Zat Padat:
Memiliki bentuk dan volume tetap, partikel-partikelnya tersusun rapat dan sulit untuk dimampatkan. Contohnya: batu, kayu, besi.

Zat Cair: 
- Memiliki volume tetap, tetapi bentuknya dapat berubah mengikuti wadahnya. Partikel-partikelnya lebih renggang daripada zat padat dan dapat mengalir. Contohnya: air, minyak, bensin. 

Zat Gas:
Tidak memiliki bentuk dan volume tetap, partikel-partikelnya berjauhan dan bergerak bebas. Contohnya: udara, oksigen, uap air.
.
Sifat-Sifat Materi : 
Massa:
Jumlah materi yang terkandung dalam suatu benda, diukur dengan satuan kilogram (kg) atau gram (g)
Volume:
Ruang yang ditempati oleh suatu benda, diukur dengan satuan liter (L) atau meter kubik (m³).
Kerapatan (Densitas):
Perbandingan antara massa dan volume suatu benda, menunjukkan seberapa padat materi tersebut. 

Sifat Fisika:
Sifat-sifat yang dapat diamati tanpa mengubah susunan kimianya, seperti warna, bau, titik didih, titik leleh, dan kekerasan.

Sifat Kimia:
Sifat-sifat yang berkaitan dengan reaksi kimia suatu zat, seperti kemampuan zat untuk terbakar, berkarat, atau bereaksi dengan zat lain. 

Perubahan Wujud Materi:
Materi dapat mengalami perubahan wujud karena perubahan suhu atau tekanan, seperti: 

Mencair: Perubahan dari padat menjadi cair (es menjadi air).
Membeku: Perubahan dari cair menjadi padat (air menjadi es)
Menguap: Perubahan dari cair menjadi gas (air menjadi uap air)
Mengkristal: Perubahan dari gas menjadi padat (uap air menjadi es di udara).
Menyublim: Perubahan dari padat menjadi gas (es kering menjadi gas).
Mengembun: Perubahan dari gas menjadi cair.
Memahami materi dan karakteristiknya sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari memahami lingkungan sekitar hingga mengembangkan teknologi baru. 
Untuk lebih memahami materi ini, simaklah video berikut ini :

3. Bahasa Indonesia
CP : Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
TP : Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, menyimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali kesimpulannya
Materi : Unsur pembangun cerita

Unsur pembangun cerita, baik itu cerpen (cerita pendek) maupun novel, terbagi menjadi dua kategori utama: intrinsik dan ekstrinsikUnsur intrinsik adalah unsur-unsur yang membangun cerita dari dalam, sedangkan unsur ekstrinsik adalah unsur-unsur yang berada di luar cerita namun tetap memengaruhi. 
Unsur Intrinsik:
  1. Tema: Ide pokok atau gagasan utama yang menjadi dasar cerita.
  2. Tokoh dan Penokohan: Tokoh adalah pelaku dalam cerita, sedangkan penokohan adalah cara pengarang menggambarkan dan mengembangkan karakter tokoh. 
  3. Alur (Plot): Rangkaian peristiwa dalam cerita yang membentuk jalan cerita. 
  4. Latar (Setting): Waktu, tempat, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerita. 
  5. Gaya Bahasa: Penggunaan bahasa yang khas oleh pengarang untuk menyampaikan cerita. 
  6. Sudut Pandang: Cara pengarang dalam memposisikan dirinya atau sudut pandang yang digunakan dalam bercerita. 
  7. Amanat: Pesan moral atau pelajaran yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca. 
Unsur Ekstrinsik:
  1. Latar Belakang Masyarakat: Kehidupan sosial, budaya, ekonomi, dan politik pada saat cerita dibuat. 
  2. Latar Belakang Pengarang: Pengalaman, pandangan hidup, dan nilai-nilai yang dianut oleh pengarang.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar