Materi Ajar Kelas 4 Zainab
Hari / Tanggal : Senin / 21 Juli 2025
Mata Pelajaran :
1. Pendidikan Pancasila : Identitas Masyarakat di Lingkungan Tempat Tinggal
2. IPAS : Materi dan Karakteristiknya
3. Bahasa Indonesia : Unsur Pembangun caerita
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Hallo Anak Sholeh dan Sholehah kelas 4 Zainab 😊😊😊
Apa Kabarnya hari ini ? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Aamiin
berikut adalah rangkuman materi yang akan kita pelajari hari ini :
1. Pendidikan Pancasila
- CP : Murid Membedakan dan menghargai identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, agama dan kepercayaannya di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
- TP : Murid mampu Mengidentifikasi, membedakan, dan menghargai identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, agama dan kepercayaannya serta mempraktikkan di lingkungan masyarakat.
Materi : Identitas Masyarakat di Lingkungan Tempat Tinggal
Identitas masyarakat di lingkungan tempat tinggal mencakup berbagai aspek yang membuat suatu kelompok masyarakat unik. Ini termasuk bahasa, agama, suku, adat istiadat, tradisi, serta nilai-nilai dan norma yang dianut bersama. Mengenali dan memahami identitas ini penting untuk membangun kerukunan, toleransi, dan kerjasama di tengah keberagaman
Dengan memahami dan menghargai identitas masyarakat di lingkungan tempat tinggal, kita dapat membangun hubungan yang lebih baik, memperkuat persatuan, dan menciptakan lingkungan yang harmonis dan inklusif
perhatikan video pembelajaran berikut ini :
2. IPAS
CP : Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya.
TP : Murid dapat mengenali materi dan karakteristiknya
Materi : Materi dan karakteristiknya
- Tema: Ide pokok atau gagasan utama yang menjadi dasar cerita.
- Tokoh dan Penokohan: Tokoh adalah pelaku dalam cerita, sedangkan penokohan adalah cara pengarang menggambarkan dan mengembangkan karakter tokoh.
- Alur (Plot): Rangkaian peristiwa dalam cerita yang membentuk jalan cerita.
- Latar (Setting): Waktu, tempat, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerita.
- Gaya Bahasa: Penggunaan bahasa yang khas oleh pengarang untuk menyampaikan cerita.
- Sudut Pandang: Cara pengarang dalam memposisikan dirinya atau sudut pandang yang digunakan dalam bercerita.
- Amanat: Pesan moral atau pelajaran yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca.
- Latar Belakang Masyarakat: Kehidupan sosial, budaya, ekonomi, dan politik pada saat cerita dibuat.
- Latar Belakang Pengarang: Pengalaman, pandangan hidup, dan nilai-nilai yang dianut oleh pengarang.
0 komentar:
Posting Komentar