Materi Ajar Kelas 4 Zainab
Hari / Tanggal : Kamis / 24 Juli 2025
Mata Pelajaran :
1. Matematika : Menulis Bilangan Cacah Sampai 10.000
2. IPAS : Perubahan Wujud Benda
3. Bahasa Indonesia : Menyimak ( Kalimat Transitif dan Instransitif
CP Bahasa Indonesia :
Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio
CP Matematika :
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut
CP Pendidikan pancasila :
Pada fase ini, peserta didik menghargai perbedaan identitas diri, keluarga, dan teman-temannya; bangga menjadi anak Indonesia yang memiliki bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan; mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; menunjukkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman yang terikat persatuan dan kesatuan; melaksanakan aturan, hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga, warga sekolah, dan lingkungan tempat tinggal; dan menerapkan makna sila-sila Pancasila dan meneladani karakter para perumus Pancasila
CP Seni Rupa :
Pada akhir Fase B, peserta didik mampu membuat karya seni rupa dengan menggunakan hasil pengamatan, pengalaman, perasaan, dan minatnya, dengan mengaplikasikan unsur-unsur rupa dan prinsip desain, serta menggunakan alat dan bahan dasar yang tersedia secara mandiri. Peserta didik juga mampu menjelaskan suatu karya seni dan proses penciptaannya dengan menggunakan kosakata seni rupa yang telah dipelajari
CP IPAS :
Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya sertamanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Hallo Anak Sholeh dan Sholehah kelas 4 Zainab 😊😊😊
Apa Kabarnya hari ini ? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Aamiin
berikut adalah rangkuman materi yang akan kita pelajari hari ini :
1. Matematika
Menulis Bilangan Cacah sampai 10.000
*Tujuan:*
- Siswa dapat menulis bilangan cacah sampai 10.000 dengan benar.
- Siswa dapat memahami konsep bilangan cacah dan dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.
*Materi:*
1. *Bilangan Cacah:* Bilangan cacah adalah bilangan yang digunakan untuk menghitung jumlah benda.
2. *Menulis Bilangan Cacah:* Menulis bilangan cacah sampai 10.000 dapat dilakukan dengan menggunakan angka dan kata-kata.
3. *Contoh Bilangan Cacah:*
- 1.000 = seribu
- 2.500 = dua ribu lima ratus
- 5.000 = lima ribu
- 7.800 = tujuh ribu delapan ratus
- 9.999 = sembilan ribu sembilan ratus sembilan puluh sembilan
*Aktivitas Pembelajaran:*
1. *Menulis Bilangan Cacah:* Siswa menulis bilangan
*Aktivitas Pembelajaran:*
1. *Menulis Bilangan Cacah:* Siswa menulis bilangan cacah sampai 10.000 dengan menggunakan angka dan kata-kata.
2. *Mengisi Tabel:* Siswa mengisi tabel dengan bilangan cacah yang sesuai.
3. *Permainan Bilangan:* Siswa bermain permainan bilangan untuk meningkatkan kemampuan menulis bilangan cacah.
*Penilaian:*
- Kemampuan siswa dalam menulis bilangan cacah sampai 10.000 dengan benar.
- Kemampuan siswa dalam memahami konsep bilangan cacah dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.
*Tips:*
- Gunakan contoh bilangan cacah yang relevan dengan kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan pemahaman siswa.
- Berikan kesempatan kepada siswa untuk berlatih menulis bilangan cacah secara mandiri dan berkelompok.
Dengan materi ajar ini, siswa dapat memahami dan menguasai konsep bilangan cacah sampai 10.000, serta dapat menulis bilangan cacah dengan benar.
2. IPAS
Perubahan Wujud Benda
*Tujuan:*
- Siswa dapat memahami konsep perubahan wujud benda.
- Siswa dapat mengidentifikasi contoh-contoh perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari.
*Materi:*
1. *Perubahan Wujud Benda:* Perubahan wujud benda adalah perubahan bentuk atau keadaan benda dari satu wujud ke wujud lainnya.
2. *Jenis-Jenis Perubahan Wujud Benda:*
- Mencair (padat ke cair)
- Membeku (cair ke padat)
- Menguap (cair ke gas)
- Mengembun (gas ke cair)
- Sublimasi (padat ke gas)
- Deposisi (gas ke padat)
3. *Contoh Perubahan Wujud Benda:*
- Es batu yang mencair menjadi air
- Air yang membeku menjadi es
- Air yang menguap menjadi uap air
- Uap air yang mengembun menjadi titik-titik air
*Aktivitas Pembelajaran:*
1. *Percobaan:* Siswa melakukan percobaan untuk mengamati perubahan wujud benda, seperti mencairnya es batu atau menguapnya air.
2. *Diskusi:* Siswa berdiskusi tentang contoh-contoh perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari.
3. *Pengamatan:* Siswa mengamati perubahan wujud benda di sekitar mereka, seperti perubahan wujud benda di dapur atau di alam.
*Penilaian:*
- Kemampuan siswa dalam memahami konsep perubahan wujud benda.
- Kemampuan siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh perubahan wujud benda.
*Tips:*
- Gunakan contoh-contoh perubahan wujud benda yang relevan dengan kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan pemahaman siswa.
- Berikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan percobaan dan pengamatan untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam memahami konsep perubahan wujud benda.
Dengan materi ajar ini, siswa dapat memahami dan menguasai konsep perubahan wujud benda, serta dapat mengidentifikasi contoh-contoh perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari.
3. Bahasa Indonesia
Kata Kerja Transitif dan Intransitif
*Tujuan:*
- Siswa dapat memahami konsep kata kerja transitif dan intransitif.
- Siswa dapat mengidentifikasi kata kerja transitif dan intransitif dalam kalimat.
*Materi:*
1. *Kata Kerja Transitif:* Kata kerja transitif adalah kata kerja yang memerlukan objek untuk melengkapi maknanya.
- Contoh: makan (apa?), membaca (apa?), menulis (apa?)
2. *Kata Kerja Intransitif:* Kata kerja intransitif adalah kata kerja yang tidak memerlukan objek untuk melengkapi maknanya.
- Contoh: tidur, berjalan, berlari
*Contoh Kalimat:*
- Kata kerja transitif:
- Saya makan nasi. (objek: nasi)
- Dia membaca buku. (objek: buku)
- Kata kerja intransitif:
- Saya tidur. (tidak ada objek)
- Dia berjalan di taman. (tidak ada objek langsung)
*Aktivitas Pembelajaran:*
1. *Identifikasi Kata Kerja:* Siswa mengidentifikasi kata kerja transitif dan intransitif dalam kalimat.
2. *Membuat Kalimat:* Siswa membuat kalimat dengan menggunakan kata kerja transitif dan intransitif.
3. *Diskusi:* Siswa berdiskusi tentang perbedaan antara kata kerja transitif dan intransitif.
*Penilaian:*
- Kemampuan siswa dalam memahami konsep kata kerja transitif dan intransitif.
- Kemampuan siswa dalam mengidentifikasi kata kerja transitif dan intransitif dalam kalimat.
*Tips:*
- Gunakan contoh kalimat yang relevan dengan kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan pemahaman siswa.
- Berikan kesempatan kepada siswa untuk berlatih membuat kalimat dengan menggunakan kata kerja transitif dan intransitif.
Dengan materi ajar ini, siswa dapat memahami dan menguasai konsep kata kerja transitif dan intransitif, serta dapat mengidentifikasi kata kerja transitif dan intransitif dalam kalimat.
0 komentar:
Posting Komentar