Senin, 28 Juli 2025

Materi Ajar Kelas 4 Zainab, Selasa 29 Juli 2025

 

Materi Ajar Kelas 4 Zainab

Hari / Tanggal : Selasa / 29 Juli 2025

Mata Pelajaran : 

1. Matematika : Bilangan Cacah Sampai 10.000

2. Pendidikan Pancasila : Lingkungan Sekitar

3. Seni Rupa : Menggambar Rumah Tetangga

4. IPAS : Tranformasi Energi

CP Bahasa Indonesia :

Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio

CP Matematika : 

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut

CP Pendidikan pancasila :

Pada fase ini, peserta didik menghargai perbedaan identitas diri, keluarga, dan teman-temannya; bangga menjadi anak Indonesia yang memiliki bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan; mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; menunjukkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman yang terikat persatuan dan kesatuan; melaksanakan aturan, hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga, warga sekolah, dan lingkungan tempat tinggal; dan menerapkan makna sila-sila Pancasila dan meneladani karakter para perumus Pancasila

CP Seni Rupa :

Pada akhir Fase B, peserta didik mampu membuat karya seni rupa dengan menggunakan hasil pengamatan, pengalaman, perasaan, dan minatnya, dengan mengaplikasikan unsur-unsur rupa dan prinsip desain, serta menggunakan alat dan bahan dasar yang tersedia secara mandiri. Peserta didik juga mampu menjelaskan suatu karya seni dan proses penciptaannya dengan menggunakan kosakata seni rupa yang telah dipelajari

CP IPAS :

Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya sertamanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Hallo Anak Sholeh dan Sholehah kelas 4 Zainab 😊😊😊

Apa Kabarnya hari ini ? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Aamiin 

berikut adalah rangkuman materi yang akan kita pelajari hari ini : 

1. Pendidikan Pancasila

Tujuan Pembelajaran :

Murid dapat mengidentifikasi, membedakan, dan menghargai identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, agama dan kepercayaannya serta mempraktikkan di lingkungan masyarakat. 

Materi : Keberagaman Agama dan Ras

*Tujuan:*

- Siswa dapat memahami konsep keberagaman agama dan ras di Indonesia.

- Siswa dapat menghargai dan menghormati perbedaan agama dan ras.

*Materi:*

1. *Keberagaman Agama:* Indonesia memiliki berbagai agama yang berbeda-beda, seperti Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu.

2. *Keberagaman Ras:* Indonesia memiliki berbagai ras yang berbeda-beda, seperti Jawa, Sunda, Batak, Minangkabau, dan lain-lain.

3. *Pentingnya Menghargai Perbedaan:* Menghargai perbedaan agama dan ras dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

4. *Cara Menghargai Perbedaan:*

- Menghormati agama dan tradisi orang lain.

- Tidak membeda-bedakan orang lain berdasarkan agama dan ras.

- Berinteraksi dengan orang lain secara baik dan sopan.

*Aktivitas Pembelajaran:*

1. *Diskusi:* Siswa berdiskusi tentang keberagaman agama dan ras di Indonesia.

2. *Presentasi:* Siswa mempresentasikan tentang agama dan ras yang berbeda-beda.

3. *Permainan:* Siswa bermain permainan yang mempromosikan toleransi dan menghargai perbedaan.

*Penilaian:*

- Kemampuan siswa dalam memahami konsep keberagaman agama dan ras.

- Kemampuan siswa dalam menghargai dan menghormati perbedaan agama dan ras.

*Tips:*

- Gunakan contoh-contoh yang relevan dengan kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan pemahaman siswa.

- Berikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dengan orang lain yang berbeda agama dan ras.

Dengan materi ajar ini, siswa dapat memahami dan menghargai keberagaman agama dan ras di Indonesia, serta dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

2. IPAS

TP : Murid dapat mengidentifikasi ragam transformasi energi pada kehidupan sehari-hari

Materi : Ragam Transformasi Energi

*Tujuan:*

- Siswa dapat memahami berbagai jenis transformasi energi.

- Siswa dapat mengidentifikasi contoh-contoh transformasi energi dalam kehidupan sehari hari 

1. *Transformasi Energi Kimia:*

- Baterai menjadi energi listrik

- Makanan menjadi energi gerak

2. *Transformasi Energi Listrik:*

- Listrik menjadi energi cahaya (lampu)

- Listrik menjadi energi panas (setrika)

3. *Transformasi Energi Mekanik:*

- Energi gerak menjadi energi listrik (generator)

- Energi gerak menjadi energi suara (speaker)

4. *Transformasi Energi Panas:*

- Energi panas menjadi energi listrik (PLTU)

- Energi panas menjadi energi gerak (mesin uap)

5. *Transformasi Energi Cahaya:*

- Cahaya matahari menjadi energi listrik (panel surya)

- Cahaya menjadi energi kimia (fotosintesis)

*Aktivitas Pembelajaran:*

1. *Pengamatan:* Siswa mengamati contoh-contoh transformasi energi di sekitar mereka.

2. *Diskusi:* Siswa berdiskusi tentang berbagai jenis transformasi energi dan contoh-contohnya.

3. *Percobaan:* Siswa melakukan percobaan untuk mengidentifikasi transformasi energi.

*Penilaian:*

- Kemampuan siswa dalam memahami berbagai jenis transformasi energi.

- Kemampuan siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh transformasi energi.

*Tips:*

- Gunakan contoh-contoh yang relevan dengan kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan pemahaman siswa.

- Berikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar untuk meningkatkan kesadaran tentang transformasi energi.

Dengan materi ajar ini, siswa dapat memahami dan mengidentifikasi berbagai jenis transformasi energi dalam kehidupan sehari-hari.

3. Seni Rupa
Tujuan Pembelajaran :
Murid dapat mengenal lingkungan sosial dan fisik (arsitektur rumah) sekitar (tetangga)

Materi : "Menggambar Rumah Tetangga dengan Unsur Seni dan Prinsip Menggambar".

1. *Unsur Seni:*
- Garis
- Bentuk
- Warna
- Tekstur
2. *Prinsip Menggambar:*
- Proporsi
- Komposisi
- Perspektif
3. *Menggambar Rumah Tetangga:*
- Mengamati rumah tetangga dengan memperhatikan detail-detail seperti bentuk, ukuran, dan warna.
- Menggambar rumah tetangga dengan menggunakan unsur seni dan prinsip menggambar.

*Aktivitas Pembelajaran:*

1. *Mengamati Rumah Tetangga:* Siswa mengamati rumah tetangga dengan memperhatikan detail-detail seperti bentuk, ukuran, dan warna.
2. *Menggambar Rumah Tetangga:* Siswa menggambar rumah tetangga dengan menggunakan unsur seni dan prinsip menggambar.
3. *Pameran Karya:* Siswa memamerkan karya mereka dan memberikan umpan balik kepada teman-teman.

*Penilaian:*

- Kemampuan siswa dalam mengamati dan menggambarkan rumah tetangga.
- Kemampuan siswa dalam menggunakan unsur seni dan prinsip menggambar.
- Kreativitas dan keunikan karya siswa.

*Tips dan Variasi:*

- Siswa dapat menambahkan detail-detail seperti lingkungan sekitar rumah, seperti pohon, taman, atau jalan.
- Siswa dapat menggunakan berbagai media seperti pensil, crayon, atau cat air untuk menggambar rumah tetangga.
- Siswa dapat bekerja sama dengan teman-teman untuk menggambar rumah tetangga secara berkelompok.

Dengan materi ajar ini, siswa dapat mengembangkan kemampuan observasi dan kreativitas dalam menggambar, serta memahami unsur seni dan prinsip menggambar.

4. Matematika 
Tujuan Pembelajaran :
murid mampu memahami dan menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 10.000

Materi : Nilai Tempat Bilangan Cacah sampai 10.000

*Tujuan:*

- Siswa dapat memahami konsep nilai tempat bilangan cacah.
- Siswa dapat menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 10.000.

*Materi:*

1. *Nilai Tempat:* Nilai tempat adalah posisi digit dalam bilangan yang menentukan nilai digit tersebut.
2. *Nilai Tempat Bilangan Cacah:* Bilangan cacah memiliki nilai tempat yang berbeda-beda, yaitu:
- Satuan (1-9)
- Puluhan (10-99)
- Ratusan (100-999)
- Ribuan (1.000-9.999)
3. *Contoh:*
- Bilangan 4.567 memiliki nilai tempat:
- 4 (ribuan)
- 5 (ratusan)
- 6 (puluhan)
- 7 (satuan)

*Aktivitas Pembelajaran:*

1. *Menentukan Nilai Tempat:* Siswa menentukan nilai tempat bilangan cacah yang diberikan.
2. *Mengisi Tabel:* Siswa mengisi tabel dengan nilai tempat bilangan cacah yang sesuai.
3. *Permainan Bilangan:* Siswa bermain permainan bilangan untuk meningkatkan kemampuan menentukan nilai tempat.

*Penilaian:*

- Kemampuan siswa dalam memahami konsep nilai tempat bilangan cacah.
- Kemampuan siswa dalam menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 10.000.

*Tips:*

- Gunakan contoh-contoh yang relevan dengan kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan pemahaman siswa.
- Berikan kesempatan kepada siswa untuk berlatih menentukan nilai tempat secara mandiri dan berkelompok.

Dengan materi ajar ini, siswa dapat memahami dan menguasai konsep nilai tempat bilangan cacah sampai 10.000.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar