Minggu, 27 Juli 2025

Materi Ajar Kelas Zainab, Senin 28 Juli 2025

 

Materi Ajar Kelas 4 Zainab

Hari / Tanggal : Senin / 28 Juli 2025

Mata Pelajaran : 

1. Pendidikan Pancasila : Identitas Masyarakat di Lingkungan Tempat Tinggal

2. IPAS : Perubahan Wujud Benda

3. Bahasa Indonesia : Membaca dan Memirsa

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Hallo Anak Sholeh dan Sholehah kelas 4 Zainab 😊😊😊

Apa Kabarnya hari ini ? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Aamiin 

berikut adalah rangkuman materi yang akan kita pelajari hari ini : 

1. Pendidikan Pancasila

- CP : Murid Membedakan dan menghargai identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, agama dan kepercayaannya di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.

- TP  : Murid mampu Mengidentifikasi, membedakan, dan menghargai identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, agama dan kepercayaannya serta mempraktikkan di lingkungan masyarakat.

Materi : Identitas Masyarakat di Lingkungan Tempat Tinggal

Identitas masyarakat di lingkungan tempat tinggal mencakup berbagai aspek yang membuat suatu kelompok masyarakat unik. Ini termasuk bahasa, agama, suku, adat istiadat, tradisi, serta nilai-nilai dan norma yang dianut bersama. Mengenali dan memahami identitas ini penting untuk membangun kerukunan, toleransi, dan kerjasama di tengah keberagaman

Dengan memahami dan menghargai identitas masyarakat di lingkungan tempat tinggal, kita dapat membangun hubungan yang lebih baik, memperkuat persatuan, dan menciptakan lingkungan yang harmonis dan inklusif

perhatikan video pembelajaran berikut ini :

Identitas Masyarakat 


2. IPAS

CP : Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya.

TP : Murid dapat menganalisis perubuhan wujud zat yang terjadi

Materi : Perubahan Wujud Benda

Perubahan Wujud Benda:
Materi dapat mengalami perubahan wujud karena perubahan suhu atau tekanan, seperti: 
Mencair: Perubahan dari padat menjadi cair (es menjadi air).
Membeku: Perubahan dari cair menjadi padat (air menjadi es)
Menguap: Perubahan dari cair menjadi gas (air menjadi uap air)
Mengkristal: Perubahan dari gas menjadi padat (uap air menjadi es di udara).
Menyublim: Perubahan dari padat menjadi gas (es kering menjadi gas).
Mengembun: Perubahan dari gas menjadi cair.

3. Bahasa Indonesia
CP : Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
TP : Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, menyimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali kesimpulannya

Materi : Menggunakan Kamus

1. *Apa itu Kamus?* Kamus adalah buku yang berisi daftar kata-kata beserta artinya.
2. *Fungsi Kamus:* Kamus membantu kita memahami kata-kata yang tidak familiar, sehingga kita dapat memahami teks atau percakapan dengan lebih baik.
3. *Cara Menggunakan Kamus:*
- Cari kata yang ingin dicari artinya di kamus.
- Perhatikan abjad kata yang ingin dicari.
- Cari kata yang sesuai dengan abjad yang dicari.
- Baca arti kata yang sesuai.

*Aktivitas Pembelajaran:*

1. *Mencari Arti Kata:* Siswa mencari arti kata-kata yang tidak familiar di kamus.
2. *Menggunakan Kamus:* Siswa menggunakan kamus untuk mencari arti kata-kata dalam teks atau percakapan.
3. *Permainan Kamus:* Siswa bermain permainan kamus untuk meningkatkan kemampuan menggunakan kamus.

Untuk lebih memahami tentang materi hari ini :
Buka link berikut ini Cara Menggunakan Kamus

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar