Kamis, 24 Juli 2025

Materi Ajar Kelas 4 Zainab | Jum'at 25 Juli 2025

 

Materi Ajar Kelas 4 Zainab

Hari / Tanggal : Jum'at / 25 Juli 2025

Mata Pelajaran : 

1. Matematika : Nilai Tempat Bilangan Cacah Sampai 10.000

2. Bahasa Indonesia : Menyimak ( Kalimat Transitif dan Instransitif

CP Bahasa Indonesia :

Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio

CP Matematika : 

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut

CP Pendidikan pancasila :

Pada fase ini, peserta didik menghargai perbedaan identitas diri, keluarga, dan teman-temannya; bangga menjadi anak Indonesia yang memiliki bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan; mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; menunjukkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman yang terikat persatuan dan kesatuan; melaksanakan aturan, hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga, warga sekolah, dan lingkungan tempat tinggal; dan menerapkan makna sila-sila Pancasila dan meneladani karakter para perumus Pancasila

CP Seni Rupa :

Pada akhir Fase B, peserta didik mampu membuat karya seni rupa dengan menggunakan hasil pengamatan, pengalaman, perasaan, dan minatnya, dengan mengaplikasikan unsur-unsur rupa dan prinsip desain, serta menggunakan alat dan bahan dasar yang tersedia secara mandiri. Peserta didik juga mampu menjelaskan suatu karya seni dan proses penciptaannya dengan menggunakan kosakata seni rupa yang telah dipelajari

CP IPAS :

Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya sertamanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Hallo Anak Sholeh dan Sholehah kelas 4 Zainab 😊😊😊

Apa Kabarnya hari ini ? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Aamiin 

berikut adalah rangkuman materi yang akan kita pelajari hari ini : 

1. Matematika

Nilai Tempat Bilangan Cacah sampai 10.000

*Tujuan:*

- Siswa dapat memahami konsep nilai tempat bilangan cacah.

- Siswa dapat menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 10.000.

*Materi:*

1. *Nilai Tempat:* Nilai tempat adalah posisi digit dalam bilangan yang menentukan nilai digit tersebut.

2. *Nilai Tempat Bilangan Cacah:* Bilangan cacah memiliki nilai tempat yang berbeda-beda, yaitu:

- Satuan (1-9)

- Puluhan (10-99)

- Ratusan (100-999)

- Ribuan (1.000-9.999)

3. *Contoh:*

- Bilangan 4.567 memiliki nilai tempat:

- 4 (ribuan)

- 5 (ratusan)

- 6 (puluhan)

- 7 (satuan)

*Aktivitas Pembelajaran:*

1. *Menentukan Nilai Tempat:* Siswa menentukan nilai tempat bilangan cacah yang diberikan.

2. *Mengisi Tabel:* Siswa mengisi tabel dengan nilai tempat bilangan cacah yang sesuai.

3. *Permainan Bilangan:* Siswa bermain permainan bilangan untuk meningkatkan kemampuan menentukan nilai tempat.

*Penilaian:*

- Kemampuan siswa dalam memahami konsep nilai tempat bilangan cacah.

- Kemampuan siswa dalam menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 10.000.

*Tips:*

- Gunakan contoh bilangan cacah yang relevan dengan kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan pemahaman siswa.

- Berikan kesempatan kepada siswa untuk berlatih menentukan nilai tempat secara mandiri dan berkelompok.

Dengan materi ajar ini, siswa dapat memahami dan menguasai konsep nilai tempat bilangan cacah sampai 10.000, serta dapat menentukan nilai tempat bilangan cacah dengan benar.

2. Bahasa Indonesia

Kata Kerja Transitif dan Intransitif

*Tujuan:*

- Siswa dapat memahami konsep kata kerja transitif dan intransitif.

- Siswa dapat mengidentifikasi kata kerja transitif dan intransitif dalam kalimat.

*Materi:*

1. *Kata Kerja Transitif:* Kata kerja transitif adalah kata kerja yang memerlukan objek untuk melengkapi maknanya.

- Contoh: makan (apa?), membaca (apa?), menulis (apa?)

2. *Kata Kerja Intransitif:* Kata kerja intransitif adalah kata kerja yang tidak memerlukan objek untuk melengkapi maknanya.

- Contoh: tidur, berjalan, berlari

*Contoh Kalimat:*

- Kata kerja transitif:

- Saya makan nasi. (objek: nasi)

- Dia membaca buku. (objek: buku)

- Kata kerja intransitif:

- Saya tidur. (tidak ada objek)

- Dia berjalan di taman. (tidak ada objek langsung)

*Aktivitas Pembelajaran:*

1. *Identifikasi Kata Kerja:* Siswa mengidentifikasi kata kerja transitif dan intransitif dalam kalimat.

2. *Membuat Kalimat:* Siswa membuat kalimat dengan menggunakan kata kerja transitif dan intransitif.

3. *Diskusi:* Siswa berdiskusi tentang perbedaan antara kata kerja transitif dan intransitif.

*Penilaian:*

- Kemampuan siswa dalam memahami konsep kata kerja transitif dan intransitif.

- Kemampuan siswa dalam mengidentifikasi kata kerja transitif dan intransitif dalam kalimat.

*Tips:*

- Gunakan contoh kalimat yang relevan dengan kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan pemahaman siswa.

- Berikan kesempatan kepada siswa untuk berlatih membuat kalimat dengan menggunakan kata kerja transitif dan intransitif.

Dengan materi ajar ini, siswa dapat memahami dan menguasai konsep kata kerja transitif dan intransitif, serta dapat mengidentifikasi kata kerja transitif dan intransitif dalam kalimat.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar