Kamis, 23 Oktober 2025

Materi Ajar Kelas 4 Zainab, Jum'at 24 Oktober 2025


Materi Ajar Kelas 4 Zainab

Hari / Tanggal : Jum'at / 24 Oktober 2025

Mata Pelajaran : 

1. Bahasa Indonesia : Imbuhan Ber-

2. Matematika : Pecahan

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Hallo Anak Sholeh dan Sholehah kelas 4 Zainab 😊😊😊

Apa Kabarnya hari ini ? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Aamiin 

berikut adalah rangkuman materi yang akan kita pelajari hari ini : 

Bahasa Indonesia :

I. Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik mampu memahami dan menggunakan kosakata serta bentuk kata berimbuhan (imbuhan ber-, me-, dan ter-) dalam kalimat sederhana untuk menyampaikan makna secara tepat dalam lisan dan tulisan.

II. Tujuan Pembelajaran (TP)

Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

1. Menjelaskan pengertian imbuhan ber-.

2. Menyebutkan fungsi dan makna imbuhan ber-.

3. Menentukan kata dasar yang dapat diberi imbuhan ber-.

4. Membentuk kata berimbuhan ber- dengan benar.

5. Menggunakan kata berimbuhan ber- dalam kalimat sederhana.

III. Materi Pembelajaran

1. Pengertian Imbuhan ber-

Imbuhan ber- adalah imbuhan yang ditambahkan di awal kata dasar (awalan) untuk membentuk kata kerja (verba).

Imbuhan ber- menunjukkan bahwa subjek melakukan suatu kegiatan atau memiliki sesuatu.

2. Fungsi dan Makna Imbuhan ber-

Imbuhan ber- memiliki beberapa makna, antara lain:

No Makna Imbuhan ber- Contoh

1 Melakukan suatu kegiatan bermain, berjalan, berenang

2 Mengenakan atau memakai sesuatu bersepatu, berbaju, bertopi

3 Memiliki sesuatu beranak, berdaun, berbulu

4 Mengeluarkan sesuatu berdarah, berkeringat

5 Menjadi atau dalam keadaan tertentu berduka, berbahagia

3. Contoh Kalimat dengan Imbuhan ber-

1. Adik bermain bola di halaman.

2. Ibu berbelanja di pasar.

3. Ayah bersepeda setiap pagi.

4. Pohon itu berbuah lebat.

5. Sapi itu beranak dua ekor.

Matematika :

I. Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik mampu memahami, membandingkan, dan menggunakan konsep pecahan sederhana (termasuk pecahan dengan pembilang 1) untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

II. Tujuan Pembelajaran (TP)

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat:

1. Menjelaskan pengertian pecahan dan bagian-bagiannya (pembilang dan penyebut).

2. Menyebutkan contoh pecahan dengan pembilang 1.

3. Menyatakan bagian dari suatu benda dalam bentuk pecahan dengan pembilang 1.

4. Membandingkan pecahan dengan pembilang 1.

5. Menggunakan pecahan dengan pembilang 1 dalam konteks kehidupan sehari-hari.

III. Materi Pembelajaran

1. Pengertian Pecahan

Pecahan adalah bilangan yang menyatakan bagian dari keseluruhan.
Pecahan terdiri dari:

Pembilang → angka di atas garis pecahan

Penyebut → angka di bawah garis pecahan

🟰 Contoh:

1/2

Penyebut = 2

Artinya: 1 bagian dari 2 bagian sama besar.

2. Pecahan dengan Pembilang 1

Pecahan dengan pembilang 1 adalah pecahan yang memiliki angka 1 di atas garis pecahan.

Contoh:
1/2
1/3
1/4

Artinya:

½ = satu dari dua bagian sama besar

⅓ = satu dari tiga bagian sama besar

¼ = satu dari empat bagian sama besar

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar