Materi Ajar Kelas 4 Zainab
Hari / Tanggal : Rabu / 22 Oktober 2025
Mata Pelajaran :
1. Seni Rupa : Membuat Bendera Hias
CP Seni Rupa :
Pada akhir Fase B, peserta didik mampu membuat karya seni rupa dengan menggunakan hasil pengamatan, pengalaman, perasaan, dan minatnya, dengan mengaplikasikan unsur-unsur rupa dan prinsip desain, serta menggunakan alat dan bahan dasar yang tersedia secara mandiri. Peserta didik juga mampu menjelaskan suatu karya seni dan proses penciptaannya dengan menggunakan kosakata seni rupa yang telah dipelajari
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Hallo Anak Sholeh dan Sholehah kelas 4 Zainab 😊😊😊
Apa Kabarnya hari ini ? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Aamiin
berikut adalah rangkuman materi yang akan kita pelajari hari ini :
1. Seni Rupa
🧭 Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa dapat:
1. Menjelaskan pengertian dan fungsi bendera hias.
2. Mengidentifikasi unsur seni rupa (garis, warna, bentuk, dan komposisi) dalam bendera hias.
3. Merancang desain bendera hias dengan ide dan warna yang menarik.
4. Membuat karya bendera hias menggunakan alat dan bahan yang tersedia.
5. Menunjukkan sikap kerja sama, kreatif, dan teliti dalam berkarya.
🖼️ Materi Pembelajaran
1. Pengertian Bendera Hias
Bendera hias adalah hiasan berbentuk potongan kain atau kertas berwarna yang digantung untuk memperindah suatu tempat, biasanya digunakan saat hari kemerdekaan, perayaan, atau kegiatan sekolah.
2. Fungsi Bendera Hias
Sebagai hiasan untuk mempercantik lingkungan.
Menumbuhkan rasa semangat dan kebersamaan.
Melatih kreativitas dan keterampilan dalam berkarya.
3. Unsur Seni Rupa dalam Bendera Hias
Garis: digunakan untuk membuat pola atau bentuk bendera.
Warna: memberikan kesan ceria dan semangat.
Bentuk: bisa segitiga, persegi panjang, atau bentuk bebas.
Komposisi: susunan warna dan bentuk agar tampak menarik.
4. Alat dan Bahan
Kertas warna / kain bekas
Gunting
Lem / benang
Spidol / krayon
Tali untuk menggantung
5. Langkah-langkah Membuat Bendera Hias
1. Siapkan alat dan bahan.
2. Tentukan bentuk bendera (segitiga, persegi, atau bentuk lain).
3. Gambar pola pada kertas atau kain.
4. Gunting sesuai pola.
5. Hias dengan warna, gambar, atau motif sesuai kreativitas.
6. Tempelkan pada tali dengan jarak yang sama.
7. Gantung hasil karya di kelas atau halaman sekolah.
0 komentar:
Posting Komentar