Kamis, 02 Oktober 2025

Materi Ajar Kelas 4 Zainab, Jum'at 3 Oktober 2025


Materi Ajar Kelas 4 Zainab

Hari / Tanggal : Jum'at / 3 Oktober 2025

Mata Pelajaran : 

1. Bahasa Indonesia : Paragraf Deskripsi

2. Matematika : Pembagian Bilangan Cacah Sampai 100

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Hallo Anak Sholeh dan Sholehah kelas 4 Zainab 😊😊😊

Apa Kabarnya hari ini ? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Aamiin 

berikut adalah rangkuman materi yang akan kita pelajari hari ini : 

1. Bahasa Indonesia : Paragraf Deskripsi

TP : 

1. Mengidentifikasi pengertian, ciri-ciri, dan tujuan paragraf deskripsi.

2. Membedakan paragraf deskripsi dengan jenis paragraf lainnya melalui contoh.

3. Menentukan unsur-unsur yang dapat digunakan untuk menulis paragraf deskripsi (pancaindra, kata sifat, dan detail).

4. Menyusun sebuah paragraf deskripsi sederhana tentang benda, hewan, tempat, atau suasana dengan bahasa yang jelas dan menarik.

Paragraf Deskripsi

1. Pengertian

Paragraf deskripsi adalah paragraf yang melukiskan atau menggambarkan suatu benda, tempat, hewan, atau suasana sehingga pembaca seolah-olah dapat melihat, mendengar, atau merasakan hal yang digambarkan.

2. Ciri-ciri Paragraf Deskripsi

Menggambarkan objek dengan jelas dan detail.

Menggunakan pancaindra (melihat, mendengar, merasakan, mencium, menyentuh).

Menggunakan kata sifat untuk memberikan kesan (indah, harum, luas, dingin, ramai).

Membuat pembaca seolah-olah hadir dalam suasana yang diceritakan.


3. Tujuan

Agar pembaca dapat membayangkan dengan jelas benda, tempat, atau suasana yang digambarkan.

4. Contoh Paragraf Deskripsi

Contoh 1: Tentang Tempat
"Pantai itu sangat indah. Pasirnya putih bersih, air lautnya biru jernih, dan ombak berkejar-kejaran menuju bibir pantai. Angin sepoi-sepoi membuat suasana menjadi sejuk dan menyenangkan."

Contoh 2: Tentang Benda
"Sepedaku berwarna merah cerah. Rangkanya kuat dan rodanya berkilau. Di bagian depan terdapat keranjang kecil berwarna hitam. Setiap pagi aku mengayuhnya menuju sekolah dengan gembira."

5. Langkah Menulis Paragraf Deskripsi

1. Tentukan objek yang akan dideskripsikan (benda, tempat, hewan, suasana).

2. Amati objek dengan pancaindra.

3. Catat ciri-ciri pentingnya.

4. Susun menjadi paragraf dengan bahasa yang jelas dan menarik.

6. Latihan

Tulislah paragraf deskripsi berdasarkan tema berikut:

1. Kelasmu

2. Hewan kesayanganmu

3. Taman di dekat rumahmu



2. Matematika
CP : Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. 
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen. 

TP : Peserta didik mampu memahami operasi pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda konkret, gambar, dan simbol 


Materi : 
A. Pengertian Pembagian

Pembagian adalah proses membagi suatu bilangan menjadi beberapa bagian sama besar atau proses mengulang pengurangan dengan bilangan yang sama.

Contoh:

12 ÷ 3 artinya 12 dibagi menjadi 3 kelompok sama besar, hasilnya 4.

12 – 3 – 3 – 3 – 3 = 0 → dilakukan pengurangan 3 sebanyak 4 kali.

B. Hubungan Perkalian dan Pembagian

Pembagian merupakan kebalikan dari perkalian.
Contoh: 4 × 3 = 12 → 12 ÷ 3 = 4 dan 12 ÷ 4 = 3.

C. Cara Menghitung Pembagian

1. Dengan Benda Konkret
Misal: 20 kelereng dibagi 4 anak, setiap anak mendapat 5 kelereng.

2. Dengan Garis Bilangan / Pengurangan Berulang
15 ÷ 5 → kurangi 15 dengan 5 berulang kali (15–5–5–5).

3. Dengan Tabel Perkalian
Cari bilangan yang jika dikalikan menghasilkan bilangan yang dibagi.

D. Contoh Soal

24 ÷ 6 = …

35 ÷ 5 = …

48 ÷ 8 = …


E. Soal Cerita

Siti memiliki 36 permen yang akan dibagikan kepada 9 temannya secara merata. Berapa permen yang diterima setiap teman?


0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar