Materi Ajar Kelas 4 Zainab
Hari / Tanggal : Kamis / 2 Oktober 2025
Mata Pelajaran :
1. IPAS : Mengenal Peta
2. Bahasa Indonesia : Paragraf Deskripsi
CP Bahasa Indonesia :
Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio
CP IPAS :
Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya sertamanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Hallo Anak Sholeh dan Sholehah kelas 4 Zainab 😊😊😊
Apa Kabarnya hari ini ? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Aamiin
berikut adalah rangkuman materi yang akan kita pelajari hari ini :
1. IPAS : Peta
TP : Murid dapat mengidentifikasi kondisi geografis wilayah tempat tinggal melalui peta konvensional/digital
https://youtu.be/v5tYjyf6ya4?si=AofHwIUjUMVoeh4O
https://youtu.be/v5tYjyf6ya4?si=AofHwIUjUMVoeh4O
*Kondisi Geografis Wilayah*
1. *Apa itu Kondisi Geografis?*: Kondisi geografis mencakup aspek seperti lokasi, bentuk lahan (dataran, perbukitan, pegunungan), sungai, danau, serta iklim di suatu wilayah.
2. *Menggunakan Peta*:
- *Peta Konvensional*: Peta cetak yang menunjukkan simbol-simbol untuk menggambarkan kondisi geografis.
- *Peta Digital*: Peta interaktif di perangkat digital seperti tablet atau komputer yang bisa di-zoom dan menampilkan informasi lebih detail.
*Aktivitas Pembelajaran*
- Murid melihat peta wilayah tempat tinggalnya dan mengidentifikasi kondisi geografis seperti sungai, bukit, atau dataran.
- Diskusikan bagaimana kondisi geografis mempengaruhi kehidupan sehari-hari di wilayah tersebut.
- Murid bisa menggunakan peta digital untuk mengeksplorasi lebih lanjut tentang wilayahnya.
*Manfaat Mengidentifikasi Kondisi Geografis*
- Membantu memahami karakteristik wilayah tempat tinggal.
- Meningkatkan kesadaran tentang bagaimana geografi mempengaruhi kehidupan masyarakat.
2. Bahasa Indonesia : Paragraf Deskripsi
TP :
1. Mengidentifikasi pengertian, ciri-ciri, dan tujuan paragraf deskripsi.
2. Membedakan paragraf deskripsi dengan jenis paragraf lainnya melalui contoh.
3. Menentukan unsur-unsur yang dapat digunakan untuk menulis paragraf deskripsi (pancaindra, kata sifat, dan detail).
4. Menyusun sebuah paragraf deskripsi sederhana tentang benda, hewan, tempat, atau suasana dengan bahasa yang jelas dan menarik.
0 komentar:
Posting Komentar