Materi Ajar Kelas 4 Zainab
Hari / Tanggal : Jum'at /14 Novembern2025
Mata Pelajaran :
1. Bahasa Indonesia : Wawancara
2. Matematika : Pecahan
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Hallo Anak Sholeh dan Sholehah kelas 4 Zainab 😊😊😊
Apa Kabarnya hari ini ? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Aamiin
berikut adalah rangkuman materi yang akan kita pelajari hari ini :
Bahasa Indonesia :
I. Capaian Pembelajaran (CP)
Peserta didik mampu memahami dan menggunakan kosakata serta bentuk kata berimbuhan (imbuhan ber-, me-, dan ter-) dalam kalimat sederhana untuk menyampaikan makna secara tepat dalam lisan dan tulisan.
Tujuan Pembelajaran (TP)
1. Siswa mampu menjelaskan pengertian dan tujuan wawancara.
2. Siswa mampu menyusun daftar pertanyaan wawancara sesuai topik.
3. Siswa mampu melakukan wawancara dengan sopan dan terarah.
4. Siswa mampu menuliskan hasil wawancara dalam bentuk laporan sederhana.
A. Pengertian Wawancara
Wawancara adalah kegiatan tanya jawab antara pewawancara (orang yang bertanya) dan narasumber (orang yang memberikan informasi) untuk mendapatkan data atau keterangan.
B. Tujuan Wawancara
1. Mendapatkan informasi yang benar dan jelas.
2. Menambah pengetahuan tentang suatu hal.
3. Mengumpulkan data untuk laporan atau tugas.
4. Mengetahui pendapat atau pengalaman seseorang.
C. Unsur-unsur Wawancara
1. Pewawancara – orang yang melakukan tanya jawab.
2. Narasumber – orang yang memberikan informasi.
3. Pertanyaan – hal-hal yang ingin diketahui.
4. Tempat dan waktu – kapan dan di mana wawancara dilakukan.
5. Tujuan wawancara – alasan mengapa wawancara dilakukan.
D. Langkah-Langkah Melakukan Wawancara
1. Menentukan topik wawancara (contoh: hobi, pekerjaan, lingkungan sekolah).
2. Menentukan narasumber (guru, teman, orang tua, ketua RT, dll).
3. Menyusun daftar pertanyaan sederhana dan jelas.
4. Melakukan wawancara:
Bersikap sopan.
Mendengarkan jawaban dengan baik.
Tidak memotong pembicaraan.
5. Mencatat hasil wawancara.
6. Menyusun laporan wawancara.
E. Contoh Pertanyaan Wawancara
Topik: Hobi Membaca
1. Apa hobi Anda?
2. Sejak kapan Anda memiliki hobi membaca?
3. Buku apa yang paling Anda sukai?
4. Mengapa Anda suka membaca?
5. Apa manfaat dari hobi membaca?
F. Contoh Hasil Wawancara (Singkat)
Narasumber: Bu Rina
Topik: Hobi Membaca
Hasil Wawancara:
Bu Rina memiliki hobi membaca sejak SD. Jenis buku yang paling ia sukai adalah novel dan buku motivasi. Menurut Bu Rina, membaca membuatnya mendapat banyak pengetahuan baru dan bisa mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat.
Matematika :
I. Capaian Pembelajaran (CP)
Peserta didik mampu memahami, membandingkan, dan menggunakan konsep pecahan sederhana (termasuk pecahan dengan pembilang 1) untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
II. Tujuan Pembelajaran (TP)
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat:
1. Menjelaskan pengertian pecahan dan bagian-bagiannya (pembilang dan penyebut).
2. Menyebutkan contoh pecahan dengan pembilang 1.
3. Menyatakan bagian dari suatu benda dalam bentuk pecahan dengan pembilang 1.
4. Membandingkan pecahan dengan pembilang 1.
5. Menggunakan pecahan dengan pembilang 1 dalam konteks kehidupan sehari-hari.
III. Materi Pembelajaran
1. Pengertian Pecahan
Pecahan adalah bilangan yang menyatakan bagian dari keseluruhan.
Pecahan terdiri dari:
Pembilang → angka di atas garis pecahan
Penyebut → angka di bawah garis pecahan
🟰 Contoh:
1/2
Penyebut = 2
Artinya: 1 bagian dari 2 bagian sama besar.
2. Pecahan dengan Pembilang 1
Pecahan dengan pembilang 1 adalah pecahan yang memiliki angka 1 di atas garis pecahan.
Contoh:
1/2
1/3
1/4
Artinya:
½ = satu dari dua bagian sama besar
⅓ = satu dari tiga bagian sama besar
¼ = satu dari empat bagian sama besar
0 komentar:
Posting Komentar