Kamis, 20 November 2025

Materi Ajar Kelas 4 Zainab, Jumat 21 November 2025


Materi Ajar Kelas 4 Zainab

Hari / Tanggal : Jum'at /14 Novembern2025

Mata Pelajaran : 

1. Bahasa Indonesia : Wawancara

2. Matematika : Pecahan

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Hallo Anak Sholeh dan Sholehah kelas 4 Zainab 😊😊😊

Apa Kabarnya hari ini ? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Aamiin 

berikut adalah rangkuman materi yang akan kita pelajari hari ini : 

Bahasa Indonesia :

I. Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik mampu memahami dan menggunakan kosakata serta bentuk kata berimbuhan (imbuhan ber-, me-, dan ter-) dalam kalimat sederhana untuk menyampaikan makna secara tepat dalam lisan dan tulisan.

Tujuan Pembelajaran (TP)

1. Siswa mampu menjelaskan pengertian dan tujuan wawancara.
2. Siswa mampu menyusun daftar pertanyaan wawancara sesuai topik.
3. Siswa mampu melakukan wawancara dengan sopan dan terarah.
4. Siswa mampu menuliskan hasil wawancara dalam bentuk laporan sederhana.

A. Pengertian Wawancara

Wawancara adalah kegiatan tanya jawab antara pewawancara (orang yang bertanya) dan narasumber (orang yang memberikan informasi) untuk mendapatkan data atau keterangan.

B. Tujuan Wawancara

1. Mendapatkan informasi yang benar dan jelas.
2. Menambah pengetahuan tentang suatu hal.
3. Mengumpulkan data untuk laporan atau tugas.
4. Mengetahui pendapat atau pengalaman seseorang.

C. Unsur-unsur Wawancara

1. Pewawancara – orang yang melakukan tanya jawab.
2. Narasumber – orang yang memberikan informasi.
3. Pertanyaan – hal-hal yang ingin diketahui.
4. Tempat dan waktu – kapan dan di mana wawancara dilakukan.
5. Tujuan wawancara – alasan mengapa wawancara dilakukan.

D. Langkah-Langkah Melakukan Wawancara

1. Menentukan topik wawancara (contoh: hobi, pekerjaan, lingkungan sekolah).
2. Menentukan narasumber (guru, teman, orang tua, ketua RT, dll).
3. Menyusun daftar pertanyaan sederhana dan jelas.
4. Melakukan wawancara:

Bersikap sopan.

Mendengarkan jawaban dengan baik.

Tidak memotong pembicaraan.

5. Mencatat hasil wawancara.
6. Menyusun laporan wawancara.

E. Contoh Pertanyaan Wawancara

Topik: Hobi Membaca

1. Apa hobi Anda?
2. Sejak kapan Anda memiliki hobi membaca?
3. Buku apa yang paling Anda sukai?
4. Mengapa Anda suka membaca?
5. Apa manfaat dari hobi membaca?

F. Contoh Hasil Wawancara (Singkat)

Narasumber: Bu Rina
Topik: Hobi Membaca

Hasil Wawancara:
Bu Rina memiliki hobi membaca sejak SD. Jenis buku yang paling ia sukai adalah novel dan buku motivasi. Menurut Bu Rina, membaca membuatnya mendapat banyak pengetahuan baru dan bisa mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat.
Matematika :

I. Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik mampu memahami, membandingkan, dan menggunakan konsep pecahan sederhana (termasuk pecahan dengan pembilang 1) untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

II. Tujuan Pembelajaran (TP)

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat:

1. Menjelaskan pengertian pecahan dan bagian-bagiannya (pembilang dan penyebut).

2. Menyebutkan contoh pecahan dengan pembilang 1.

3. Menyatakan bagian dari suatu benda dalam bentuk pecahan dengan pembilang 1.

4. Membandingkan pecahan dengan pembilang 1.

5. Menggunakan pecahan dengan pembilang 1 dalam konteks kehidupan sehari-hari.

III. Materi Pembelajaran

1. Pengertian Pecahan

Pecahan adalah bilangan yang menyatakan bagian dari keseluruhan.
Pecahan terdiri dari:

Pembilang → angka di atas garis pecahan

Penyebut → angka di bawah garis pecahan

🟰 Contoh:

1/2

Penyebut = 2

Artinya: 1 bagian dari 2 bagian sama besar.

2. Pecahan dengan Pembilang 1

Pecahan dengan pembilang 1 adalah pecahan yang memiliki angka 1 di atas garis pecahan.

Contoh:
1/2
1/3
1/4

Artinya:

½ = satu dari dua bagian sama besar

⅓ = satu dari tiga bagian sama besar

¼ = satu dari empat bagian sama besar

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar