Rabu, 26 November 2025

Materi Ajar Kelas 4 Zainab, Kamis 27 November 2025

 

Materi Ajar Kelas 4 Zainab

Hari / Tanggal : Kamis / 27 November 2025

Mata Pelajaran : 

1. IPAS : Musim dan Iklim

2. Bahasa Indonesia : Wawancara

CP Bahasa Indonesia :

Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio

CP IPAS :

Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya sertamanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Hallo Anak Sholeh dan Sholehah kelas 4 Zainab 😊😊😊

Apa Kabarnya hari ini ? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Aamiin 

berikut adalah rangkuman materi yang akan kita pelajari hari ini : 

1. IPAS : Musim dan Iklim

https://youtu.be/glQCpLTWXjA?si=mO8xtezUE5RZWHtr

https://youtu.be/glQCpLTWXjA?si=mO8xtezUE5RZWHtr

*Tujuan Pembelajaran*

1. Siswa dapat memahami konsep musim dan perubahannya.

2. Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis musim di Indonesia.

3. Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri musim di Indonesia.

4. Siswa dapat menghargai keindahan alam pada setiap musim.

*Konsep Musim*

Musim adalah periode waktu dalam setahun yang memiliki ciri-ciri cuaca dan kondisi alam yang khas. Indonesia memiliki dua musim utama, yaitu musim hujan dan musim kemarau.

*Jenis-Jenis Musim di Indonesia*

1. *Musim Hujan*: Musim yang ditandai dengan curah hujan yang tinggi.

2. *Musim Kemarau*: Musim yang ditandai dengan cuaca yang panas dan kering.

*Ciri-Ciri Musim di Indonesia*

- *Musim Hujan*:

- Curah hujan yang tinggi

- Cuaca yang dingin dan lembab

- Tanaman tumbuh subur

- *Musim Kemarau*:

- Cuaca yang panas dan kering

- Kekurangan air

- Tanaman menjadi kering

*Aktivitas pada Setiap Musim*

- *Musim Hujan*:

- Bermain air

- Mengamati tanaman yang tumbuh subur

- Menghargai keindahan alam

- *Musim Kemarau*:

- Berenang

- Mengamati hewan yang mencari air

- Menghargai keindahan alam

2. Bahasa Indonesia : 

CP : Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

Tujuan Pembelajaran (TP)

1. Siswa mampu menjelaskan pengertian dan tujuan wawancara.
2. Siswa mampu menyusun daftar pertanyaan wawancara sesuai topik.
3. Siswa mampu melakukan wawancara dengan sopan dan terarah.
4. Siswa mampu menuliskan hasil wawancara dalam bentuk laporan sederhana.

A. Pengertian Wawancara

Wawancara adalah kegiatan tanya jawab antara pewawancara (orang yang bertanya) dan narasumber (orang yang memberikan informasi) untuk mendapatkan data atau keterangan.

B. Tujuan Wawancara

1. Mendapatkan informasi yang benar dan jelas.
2. Menambah pengetahuan tentang suatu hal.
3. Mengumpulkan data untuk laporan atau tugas.
4. Mengetahui pendapat atau pengalaman seseorang.

C. Unsur-unsur Wawancara

1. Pewawancara – orang yang melakukan tanya jawab.
2. Narasumber – orang yang memberikan informasi.
3. Pertanyaan – hal-hal yang ingin diketahui.
4. Tempat dan waktu – kapan dan di mana wawancara dilakukan.
5. Tujuan wawancara – alasan mengapa wawancara dilakukan.

D. Langkah-Langkah Melakukan Wawancara

1. Menentukan topik wawancara (contoh: hobi, pekerjaan, lingkungan sekolah).
2. Menentukan narasumber (guru, teman, orang tua, ketua RT, dll).
3. Menyusun daftar pertanyaan sederhana dan jelas.
4. Melakukan wawancara:

Bersikap sopan.

Mendengarkan jawaban dengan baik.

Tidak memotong pembicaraan.

5. Mencatat hasil wawancara.
6. Menyusun laporan wawancara.

E. Contoh Pertanyaan Wawancara

Topik: Hobi Membaca

1. Apa hobi Anda?
2. Sejak kapan Anda memiliki hobi membaca?
3. Buku apa yang paling Anda sukai?
4. Mengapa Anda suka membaca?
5. Apa manfaat dari hobi membaca?

F. Contoh Hasil Wawancara (Singkat)

Narasumber: Bu Rina
Topik: Hobi Membaca

Hasil Wawancara:
Bu Rina memiliki hobi membaca sejak SD. Jenis buku yang paling ia sukai adalah novel dan buku motivasi. Menurut Bu Rina, membaca membuatnya mendapat banyak pengetahuan baru dan bisa mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar