Minggu, 16 November 2025

Materi Ajar Kelas 4 Zainab, Senin 17 November 2025

 

Materi Ajar Kelas 4 Zainab

Hari / Tanggal : Senin / 17 November 2025

Mata Pelajaran : 

1. Pendidikan Pancasila : Aturan di lingkungan sekitarku

2. Matematika : Pecahan

3. IPAS : Musim

4. Bahasa Indonesia : Majas

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Hallo Anak Sholeh dan Sholehah kelas 4 Zainab 😊😊😊

Apa Kabarnya hari ini ? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Aamiin 

berikut adalah rangkuman materi yang akan kita pelajari hari ini : 

1. Pendidikan Pancasila

- CP : Peserta didik memahami pentingnya aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat serta menunjukkan sikap patuh pada aturan untuk mewujudkan ketertiban dan kerukunan

- TP : Murid dapat memahami dan membuat aturan di lingkungan tempat tinggal

https://youtu.be/ZlcLTAQxXek?si=AmNT318j1ceXOSgf

https://youtu.be/ZlcLTAQxXek?si=AmNT318j1ceXOSgf

Materi : 

A. Pengertian Aturan

Aturan adalah ketentuan yang dibuat untuk mengatur tingkah laku agar kehidupan bersama berjalan tertib dan aman.

B. Contoh Aturan di Lingkungan Sekitar

1. Di Rumah

Bangun pagi dan membantu orang tua.

Tidak menyalakan televisi saat belajar.

Mematikan lampu saat siang hari.

2. Di Sekolah

Datang tepat waktu.

Memakai seragam sesuai jadwal.

Menghormati guru dan teman.

3. Di Masyarakat

Membuang sampah pada tempatnya.

Tidak bermain di jalan raya.

Mengikuti jadwal ronda atau kerja bakti.

C. Manfaat Mematuhi Aturan

Lingkungan menjadi tertib, aman, dan nyaman.

Menghindari perselisihan.

Melatih tanggung jawab dan disiplin.

D. Akibat Melanggar Aturan

Lingkungan menjadi kacau.

Mendapat teguran atau sanksi.

Merugikan diri sendiri dan orang lain.

2. IPAS

CP : Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya

Tujuan Pembelajaran:

- Siswa dapat menjelaskan pengertian musim dan jenis-jenis musim di Indonesia.
- Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri musim di Indonesia.
- Siswa dapat menjelaskan pengaruh musim terhadap kehidupan sehari-hari.
- Siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan analitis tentang musim.
https://youtu.be/glQCpLTWXjA?si=RhzH1RJvVZ3HSNHf
Materi:
Pengertian Musim

Musim adalah periode waktu dalam setahun yang memiliki kondisi cuaca dan iklim yang relatif sama. Musim dapat dipengaruhi oleh letak geografis dan pergerakan bumi.

*Jenis-Jenis Musim di Indonesia*

1. *Musim Hujan*: Musim hujan terjadi ketika angin musim barat membawa uap air dari laut ke darat, menyebabkan hujan lebat dan sering.
2. *Musim Kemarau*: Musim kemarau terjadi ketika angin musim timur membawa udara kering dari darat ke laut, menyebabkan cuaca panas dan kering.

*Ciri-Ciri Musim di Indonesia*

- Musim Hujan:
- Hujan lebat dan sering
- Cuaca lembab dan dingin
- Tanaman tumbuh subur
- Musim Kemarau:
- Cuaca panas dan kering
- Kekurangan air
- Tanaman layu dan kering

*Pengaruh Musim terhadap Kehidupan Sehari-Hari*

- Pertanian: Musim hujan cocok untuk menanam padi, sedangkan musim kemarau cocok untuk menanam palawija.
- Perikanan: Musim hujan dapat mempengaruhi hasil tangkapan ikan.
- Kesehatan: Musim hujan dapat menyebabkan penyakit seperti demam berdarah, sedangkan musim kemarau dapat menyebabkan penyakit seperti dehidrasi.

3. Bahasa Indonesia
CP : Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

Tujuan Pembelajaran (TP)

Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik dapat:

1. Menjelaskan pengertian majas.

2. Mengidentifikasi berbagai jenis majas dalam kalimat atau teks sederhana.

3. Menyebutkan contoh kalimat yang menggunakan majas.

4. Menggunakan majas dalam membuat kalimat atau karangan pendek.

5. Menunjukkan sikap kreatif dan menghargai keindahan bahasa dalam karya sastra.

https://youtu.be/meajXnuDDzo?si=iHgQBSrKnFppxnJ4


 Materi Pokok : 

1. Pengertian Majas

Majas adalah gaya bahasa yang digunakan untuk menyampaikan makna secara tidak langsung atau kiasan, agar kalimat menjadi lebih indah, menarik, dan hidup.

2. Jenis-Jenis Majas yang Dipelajari di Kelas 4

a. Majas Perbandingan

Mengungkapkan sesuatu dengan membandingkannya dengan hal lain.

Contoh:

Dia bagaikan bintang di langit.

Wajahnya seperti bulan purnama.

b. Majas Personifikasi

Memberi sifat manusia kepada benda mati.

Contoh:

Daun-daun menari tertiup angin.

Matahari tersenyum pagi ini.

c. Majas Hiperbola

Mengungkapkan sesuatu secara berlebihan untuk menimbulkan kesan kuat.

Contoh:

Suaranya menggelegar hingga mengguncang bumi.

Aku menunggumu seribu tahun lamanya.

d. Majas Metafora

Mengungkapkan perbandingan langsung tanpa kata pembanding.

Contoh:

Anak itu adalah bintang kelas.

Dia tangan kanan kepala sekolah.

4. Matematika
CP : Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. 
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen. 

Tujuan Pembelajaran (TP)

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat:

1. Menjelaskan pengertian pecahan dan bagian-bagiannya (pembilang dan penyebut).

2. Menyebutkan contoh pecahan dengan pembilang 1.

3. Menyatakan bagian dari suatu benda dalam bentuk pecahan dengan pembilang 1

4. Membandingkan pecahan kiniil pembilang 1.

5. Menggunakan pecahan dengan pembilang 1 dalam konteks kehidupan sehari-hari.
https://youtu.be/0hPRfqPFtt8?si=YAOnKU_3hgu6vE_K

III. Materi Pembelajaran

1. Pengertian Pecahan

Pecahan adalah bilangan yang menyatakan bagian dari keseluruhan.
Pecahan terdiri dari:

Pembilang → angka di atas garis pecahan

Penyebut → angka di bawah garis pecahan

🟰 Contoh:

1/2

Penyebut = 2

Artinya: 1 bagian dari 2 bagian sama besar.

2. Pecahan dengan Pembilang 1

Pecahan dengan pembilang 1 adalah pecahan yang memiliki angka 1 di atas garis pecahan.

Contoh:
1/2
1/3
1/4

Artinya:

½ = satu dari dua bagian sama besar

⅓ = satu dari tiga bagian sama besar

¼ = satu dari empat bagian sama besar




0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar