Senin, 11 Agustus 2025

Materi Ajar Kelas 4 Zainab, Selasa 12 Agustus 2025

 

Materi Ajar Kelas 4 Zainab

Hari / Tanggal : Selasa / 12 Agustus 2025

Mata Pelajaran : 

1. Matematika : Dekomposisi Bilangan Cacah Sampai 10.000

2. Pendidikan Pancasila : Menghargai perbedaan identitas masyarakat indonesia

3. Seni Rupa : Memanfaatkan sampah plastik

4. IPAS : Fotosintesis

CP Matematika : 

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut

CP Pendidikan pancasila :

Pada fase ini, peserta didik menghargai perbedaan identitas diri, keluarga, dan teman-temannya; bangga menjadi anak Indonesia yang memiliki bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan; mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; menunjukkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman yang terikat persatuan dan kesatuan; melaksanakan aturan, hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga, warga sekolah, dan lingkungan tempat tinggal; dan menerapkan makna sila-sila Pancasila dan meneladani karakter para perumus Pancasila

CP Seni Rupa :

Pada akhir Fase B, peserta didik mampu membuat karya seni rupa dengan menggunakan hasil pengamatan, pengalaman, perasaan, dan minatnya, dengan mengaplikasikan unsur-unsur rupa dan prinsip desain, serta menggunakan alat dan bahan dasar yang tersedia secara mandiri. Peserta didik juga mampu menjelaskan suatu karya seni dan proses penciptaannya dengan menggunakan kosakata seni rupa yang telah dipelajari

CP IPAS :

Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya sertamanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Hallo Anak Sholeh dan Sholehah kelas 4 Zainab 😊😊😊

Apa Kabarnya hari ini ? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Aamiin 

berikut adalah rangkuman materi yang akan kita pelajari hari ini : 

1. Pendidikan Pancasila

Tujuan Pembelajaran :

Murid dapat mengidentifikasi, membedakan, dan menghargai identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, agama dan kepercayaannya serta mempraktikkan di lingkungan masyarakat. 

1. *Mengenal Keragaman Identitas Masyarakat Indonesia*: Siswa belajar tentang keragaman suku bangsa, agama, budaya, dan bahasa di Indonesia.

2. *Pentingnya Toleransi*: Siswa memahami bahwa toleransi adalah sikap menghargai dan menghormati perbedaan.

3. *Cara Mengembangkan Sikap Toleransi*: Siswa belajar cara mengembangkan sikap toleransi, seperti:

- Menghormati perbedaan agama dan kepercayaan

- Menghargai budaya dan tradisi lain

- Tidak membeda-bedakan teman berdasarkan identitas

4. *Contoh Sikap Toleransi dalam Kehidupan Sehari-hari*: Siswa mempelajari contoh-contoh sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari, seperti:

- Mengucapkan salam kepada teman yang berbeda agama

- Mengikuti kegiatan keagamaan teman yang berbeda agama

- Menghargai dan menghormati budaya lain

5. *Manfaat Toleransi*: Siswa memahami bahwa toleransi dapat membawa manfaat, seperti:

- Meningkatkan kerukunan dan persatuan

- Membangun hubungan yang harmonis dengan orang lain

- Meningkatkan kesadaran akan pentingnya menghargai perbedaan

*Kegiatan Pembelajaran:*

- Diskusi tentang keragaman identitas masyarakat Indonesia

- Contoh kasus tentang toleransi dalam kehidupan sehari-hari

- Kegiatan gotong royong untuk memupuk kerja sama dan persatuan

Dengan memahami materi ini, siswa diharapkan dapat mengembangkan sikap toleransi dan menghargai perbedaan identitas masyarakat Indonesia.

2. IPAS

3. Seni Rupa
*Tujuan Pembelajaran:*

1. Mengenal konsep seni rupa yang berkelanjutan
2. Memahami cara memanfaatkan sampah plastik sebagai bahan seni
3. Mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam menciptakan karya seni dari sampah plastik

*Materi:*

1. Pengenalan tentang sampah plastik dan dampaknya terhadap lingkungan
2. Teknik-teknik pengolahan sampah plastik menjadi karya seni
3. Contoh-contoh karya seni yang memanfaatkan sampah plastik
4. Proses kreatif dalam menciptakan karya seni dari sampah plastik

*Aktivitas Pembelajaran:*

1. Membuat karya seni dari sampah plastik (misalnya, patung, mozaik, kerajinan tangan)
2. Diskusi tentang pentingnya pengelolaan sampah dan pelestarian lingkungan
3. Presentasi karya seni yang dibuat oleh siswa

*Penilaian:*

1. Kreativitas dan inovasi dalam menciptakan karya seni
2. Keterampilan teknis dalam mengolah sampah plastik
3. Pemahaman tentang konsep seni rupa yang berkelanjutan

Dengan materi ajar ini, siswa dapat memahami pentingnya mengelola sampah plastik dan mengembangkan kreativitas dalam menciptakan karya seni yang unik dan bermakna.
4. Matematika 
Dekomposisi bilangan cacah adalah proses memecah bilangan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Berikut contoh dekomposisi bilangan cacah sampai 10.000:

1. *Bilangan Ribuan*:
- 5.000 = 5 × 1.000
- 8.000 = 8 × 1.000

2. *Bilangan Ratusan*:
- 300 = 3 × 100
- 900 = 9 × 100

3. *Bilangan Puluhan*:
- 40 = 4 × 10
- 70 = 7 × 10

4. *Bilangan Satuan*:
- 5 = 5 × 1
- 9 = 9 × 1

5. *Contoh Dekomposisi Bilangan*:
- 4.250 = 4.000 + 200 + 50
- 4.250 = (4 × 1.000) + (2 × 100) + (5 × 10)
- 9.876 = 9.000 + 800 + 70 + 6
- 9.876 = (9 × 1.000) + (8 × 100) + (7 × 10) + 6

Dengan memahami dekomposisi bilangan, kita dapat lebih mudah melakukan operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar