Senin, 04 Agustus 2025

Materi Ajar Kelas 4 Zainab, Selasa 5 Agustus 2025

 

Materi Ajar Kelas 4 Zainab

Hari / Tanggal : Selasa / 5 Agustus 2025

Mata Pelajaran : 

1. Matematika : Mengurutkan Bilangan Cacah Sampai 10.000

2. Pendidikan Pancasila : Menghargai perbedaan identitas masyarakat indonesia

3. Seni Rupa : Menggambar Rumah Tetangga

4. IPAS : Tranformasi Energi

CP Bahasa Indonesia :

Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio

CP Matematika : 

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut

CP Pendidikan pancasila :

Pada fase ini, peserta didik menghargai perbedaan identitas diri, keluarga, dan teman-temannya; bangga menjadi anak Indonesia yang memiliki bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan; mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; menunjukkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman yang terikat persatuan dan kesatuan; melaksanakan aturan, hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga, warga sekolah, dan lingkungan tempat tinggal; dan menerapkan makna sila-sila Pancasila dan meneladani karakter para perumus Pancasila

CP Seni Rupa :

Pada akhir Fase B, peserta didik mampu membuat karya seni rupa dengan menggunakan hasil pengamatan, pengalaman, perasaan, dan minatnya, dengan mengaplikasikan unsur-unsur rupa dan prinsip desain, serta menggunakan alat dan bahan dasar yang tersedia secara mandiri. Peserta didik juga mampu menjelaskan suatu karya seni dan proses penciptaannya dengan menggunakan kosakata seni rupa yang telah dipelajari

CP IPAS :

Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya sertamanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Hallo Anak Sholeh dan Sholehah kelas 4 Zainab 😊😊😊

Apa Kabarnya hari ini ? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Aamiin 

berikut adalah rangkuman materi yang akan kita pelajari hari ini : 

1. Pendidikan Pancasila

Tujuan Pembelajaran :

Murid dapat mengidentifikasi, membedakan, dan menghargai identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, agama dan kepercayaannya serta mempraktikkan di lingkungan masyarakat. 

1. *Mengenal Keragaman Identitas Masyarakat Indonesia*: Siswa belajar tentang keragaman suku bangsa, agama, budaya, dan bahasa di Indonesia.

2. *Pentingnya Toleransi*: Siswa memahami bahwa toleransi adalah sikap menghargai dan menghormati perbedaan.

3. *Cara Mengembangkan Sikap Toleransi*: Siswa belajar cara mengembangkan sikap toleransi, seperti:

- Menghormati perbedaan agama dan kepercayaan

- Menghargai budaya dan tradisi lain

- Tidak membeda-bedakan teman berdasarkan identitas

4. *Contoh Sikap Toleransi dalam Kehidupan Sehari-hari*: Siswa mempelajari contoh-contoh sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari, seperti:

- Mengucapkan salam kepada teman yang berbeda agama

- Mengikuti kegiatan keagamaan teman yang berbeda agama

- Menghargai dan menghormati budaya lain

5. *Manfaat Toleransi*: Siswa memahami bahwa toleransi dapat membawa manfaat, seperti:

- Meningkatkan kerukunan dan persatuan

- Membangun hubungan yang harmonis dengan orang lain

- Meningkatkan kesadaran akan pentingnya menghargai perbedaan

*Kegiatan Pembelajaran:*

- Diskusi tentang keragaman identitas masyarakat Indonesia

- Contoh kasus tentang toleransi dalam kehidupan sehari-hari

- Kegiatan gotong royong untuk memupuk kerja sama dan persatuan

Dengan memahami materi ini, siswa diharapkan dapat mengembangkan sikap toleransi dan menghargai perbedaan identitas masyarakat Indonesia.

2. IPAS

TP : Murid dapat mengidentifikasi ragam transformasi energi pada kehidupan sehari-hari

Materi : Perubahan Energi Kimia

Perubahan energi kimia adalah proses perubahan energi kimia menjadi bentuk energi lain, seperti energi panas, energi listrik, atau energi gerak. Berikut beberapa contoh perubahan energi kimia:

1. *Pembakaran*: Pembakaran adalah proses perubahan energi kimia menjadi energi panas dan cahaya. Contoh: pembakaran kayu atau bahan bakar fosil.

2. *Baterai*: Baterai adalah contoh perubahan energi kimia menjadi energi listrik. Baterai menggunakan reaksi kimia untuk menghasilkan listrik.

3. *Metabolisme*: Metabolisme adalah proses perubahan energi kimia dalam tubuh makhluk hidup. Contoh: proses pencernaan makanan yang mengubah energi kimia menjadi energi yang dapat digunakan oleh tubuh.

4. *Fermentasi*: Fermentasi adalah proses perubahan energi kimia yang terjadi dalam kondisi anaerobik (tanpa oksigen). Contoh: fermentasi gula menjadi alkohol.

Perubahan energi kimia sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, karena banyak proses yang bergantung pada perubahan energi kimia, seperti pembangkit listrik, transportasi, dan metabolisme tubuh.

3. Seni Rupa
Tujuan Pembelajaran :
Murid dapat mengenal lingkungan sosial dan fisik (arsitektur rumah) sekitar (tetangga)

Materi : "Menggambar Rumah Tetangga dengan Unsur Seni dan Prinsip Menggambar".

1. *Unsur Seni:*
- Garis
- Bentuk
- Warna
- Tekstur
2. *Prinsip Menggambar:*
- Proporsi
- Komposisi
- Perspektif
3. *Menggambar Rumah Tetangga:*
- Mengamati rumah tetangga dengan memperhatikan detail-detail seperti bentuk, ukuran, dan warna.
- Menggambar rumah tetangga dengan menggunakan unsur seni dan prinsip menggambar.

*Aktivitas Pembelajaran:*

1. *Mengamati Rumah Tetangga:* Siswa mengamati rumah tetangga dengan memperhatikan detail-detail seperti bentuk, ukuran, dan warna.
2. *Menggambar Rumah Tetangga:* Siswa menggambar rumah tetangga dengan menggunakan unsur seni dan prinsip menggambar.
3. *Pameran Karya:* Siswa memamerkan karya mereka dan memberikan umpan balik kepada teman-teman.

*Penilaian:*

- Kemampuan siswa dalam mengamati dan menggambarkan rumah tetangga.
- Kemampuan siswa dalam menggunakan unsur seni dan prinsip menggambar.
- Kreativitas dan keunikan karya siswa.

*Tips dan Variasi:*

- Siswa dapat menambahkan detail-detail seperti lingkungan sekitar rumah, seperti pohon, taman, atau jalan.
- Siswa dapat menggunakan berbagai media seperti pensil, crayon, atau cat air untuk menggambar rumah tetangga.
- Siswa dapat bekerja sama dengan teman-teman untuk menggambar rumah tetangga secara berkelompok.

Dengan materi ajar ini, siswa dapat mengembangkan kemampuan observasi dan kreativitas dalam menggambar, serta memahami unsur seni dan prinsip menggambar.

4. Matematika 
*Tujuan Pembelajaran:*

- Siswa dapat mengurutkan bilangan sampai 10.000 dari yang terkecil ke yang terbesar atau sebaliknya.
- Siswa dapat membandingkan bilangan sampai 10.000.

*Materi:*

1. Mengenal Bilangan Sampai 10.000: Siswa belajar tentang bilangan sampai 10.000, termasuk membaca dan menulis bilangan.
2. *Mengurutkan Bilangan*: Siswa belajar mengurutkan bilangan dari yang terkecil ke yang terbesar atau sebaliknya.
3. *Membandingkan Bilangan*: Siswa belajar membandingkan bilangan menggunakan simbol >, <, atau =.

*Contoh:*

- Mengurutkan bilangan: 5.000, 2.000, 8.000, 1.000
- Urutan dari yang terkecil: 1.000, 2.000, 5.000, 8.000
- Urutan dari yang terbesar: 8.000, 5.000, 2.000, 1.000
- Membandingkan bilangan: 3.500 > 2.500

*Kegiatan Pembelajaran:*

- Siswa berlatih mengurutkan bilangan sampai 10.000.
- Siswa berlatih membandingkan bilangan sampai 10.000.
- Siswa bermain game atau melakukan aktivitas yang melibatkan pengurutan dan perbandingan bilangan.

*Penilaian:*

- Siswa dinilai berdasarkan kemampuan mereka mengurutkan dan membandingkan bilangan sampai 10.000.

Dengan memahami materi ini, siswa diharapkan dapat menguasai konsep pengurutan dan perbandingan bilangan sampai 10.000.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar