Kamis, 07 Agustus 2025

Materi Ajar Kelas 4 Zainab, Jum'at 8 Agustus 2025

 

Materi Ajar Kelas 4 Zainab

Hari / Tanggal : Jum'at, 8 Agustus 2025

Mata Pelajaran : 

1. Matematika : Mengurutkan Bilangan Cacah Sampai 10.000

2. Bahasa Indonesia : Membuat Surat

CP Bahasa Indonesia :

Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio

CP Matematika : 

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Hallo Anak Sholeh dan Sholehah kelas 4 Zainab 😊😊😊

Apa Kabarnya hari ini ? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Aamiin 

berikut adalah rangkuman materi yang akan kita pelajari hari ini : 

1. Matematika

 * Mengurutkan Bilangan Cacah

*Tujuan:*

- Siswa dapat mengurutkan bilangan cacah dari yang terkecil ke yang terbesar

- Siswa dapat membandingkan bilangan cacah

*Materi:*

1. *Mengenal Bilangan Cacah*

- Bilangan cacah adalah bilangan yang digunakan untuk menghitung objek

- Contoh: 1, 2, 3, 4, 5, ...

2. *Mengurutkan Bilangan Cacah*

- Mengurutkan bilangan cacah dari yang terkecil ke yang terbesar

- Contoh: 3, 1, 2, 5, 4 -> 1, 2, 3, 4, 5

3. *Membandingkan Bilangan Cacah*

- Menggunakan simbol >, <, atau = untuk membandingkan bilangan cacah

- Contoh: 3 < 5, 2 > 1

*Aktivitas Pembelajaran:*

- Mengurutkan bilangan cacah dari yang terkecil ke yang terbesar

- Membandingkan bilangan cacah menggunakan simbol >, <, atau =

- Bermain game "Urutkan Bilangan" untuk mempraktikkan keterampilan mengurutkan bilangan cacah

*Contoh Soal:*

- Urutkan bilangan berikut dari yang terkecil ke yang terbesar: 8, 2, 5, 9, 1

- Jawaban: 1, 2, 5, 8, 9

*Penilaian:*

- Siswa dapat mengurutkan bilangan cacah dari yang terkecil ke yang terbesar

- Siswa dapat membandingkan bilangan cacah menggunakan simbol >, <, atau =

Dengan memahami materi ini, siswa dapat meningkatkan keterampilan mengurutkan bilangan cacah dan membandingkan bilangan cacah.

2. Bahasa Indonesia

Menulis Surat

*Tujuan:*

- Peserta didik dapat menggunakan tanda baca yang tepat dalam menulis surat

- Peserta didik dapat menggunakan kosakata baru dalam menulis surat

- Peserta didik dapat menggunakan kalimat transitif dan intransitif dalam menulis surat

*Materi:*

1. *Struktur Surat*

- Tanggal

- Salam pembuka

- Isi surat

- Salam penutup

- Tanda tangan

2. *Tanda Baca*

- Titik (.) untuk mengakhiri kalimat

- Koma (,) untuk memisahkan kata atau kalimat

- Titik dua (:) untuk salam pembuka dan penutup

3. *Kosakata Baru*

- Menggunakan kata-kata yang baru dipelajari dalam menulis surat

- Contoh: kata-kata yang berhubungan dengan tema surat (misalnya: liburan, sekolah, keluarga)

4. *Kalimat Transitif dan Intransitif*

- Kalimat transitif: kalimat yang memerlukan objek (misalnya: Saya membaca buku)

- Kalimat intransitif: kalimat yang tidak memerlukan objek (misalnya: Saya tidur)

*Aktivitas Pembelajaran:*

- Menulis surat kepada teman atau keluarga

- Menggunakan tanda baca yang tepat dalam menulis surat

- Menggunakan kosakata baru dalam menulis surat

- Menggunakan kalimat transitif dan intransitif dalam menulis surat

*Contoh:*

- Surat kepada teman:

"Halo [nama teman],

Saya senang sekali liburan kemarin. Saya pergi ke pantai dengan keluarga. Kami berenang dan bermain pasir. Saya sangat menikmati liburan itu.

Sampai jumpa lagi!

[Nama Anda]"

*Penilaian:*

- Peserta didik dapat menulis surat dengan struktur yang tepat

- Peserta didik dapat menggunakan tanda baca yang tepat dalam menulis surat

- Peserta didik dapat menggunakan kosakata baru dan kalimat transitif dan intransitif dalam menulis surat

Dengan memahami materi ini, peserta didik dapat meningkatkan keterampilan menulis surat dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar