Materi Ajar Kelas 4 Zainab
Hari / Tanggal : Kamis / 7 Agustus 2025
Mata Pelajaran :
1. IPAS : Perubahan Energi di Sekitar kita
2. Bahasa Indonesia : Berbicara dan Mempresentasikan
CP Bahasa Indonesia :
Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio
CP IPAS :
Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya sertamanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Hallo Anak Sholeh dan Sholehah kelas 4 Zainab 😊😊😊
Apa Kabarnya hari ini ? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Aamiin
berikut adalah rangkuman materi yang akan kita pelajari hari ini :
1. IPAS
Fotosintesis
*Tujuan:*
- Murid dapat Menjelaskan peran fotosintesis bagi kehidupan di bumi
- Murid dapat menjelaskan proses fotosintesis
*Materi:*
1. *Apa itu Fotosintesis?*
- Fotosintesis adalah proses yang terjadi pada tumbuhan hijau, alga, dan beberapa jenis bakteri yang menggunakan energi cahaya matahari untuk menghasilkan makanan.
2. *Proses Fotosintesis*
- Fotosintesis memerlukan:
- Cahaya matahari
- Karbon dioksida (CO2)
- Air (H2O)
- Hasil fotosintesis:
- Glukosa (makanan bagi tumbuhan)
- Oksigen (O2)
3. *Peran Fotosintesis bagi Kehidupan di Bumi*
- Menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk bernapas
- Menghasilkan makanan bagi tumbuhan dan hewan
- Mengatur siklus karbon dioksida di atmosfer
*Aktivitas Pembelajaran:*
- Membuat diagram proses fotosintesis
- Mengamati tumbuhan hijau dan mengidentifikasi bagian-bagian yang terlibat dalam fotosintesis
- Diskusi tentang peran fotosintesis bagi kehidupan di bumi
*Contoh Pertanyaan:*
- Apa yang dihasilkan oleh fotosintesis?
- Mengapa fotosintesis penting bagi kehidupan di bumi?
- Bagaimana fotosintesis mempengaruhi siklus karbon dioksida di atmosfer?
*Penilaian:*
- Murid dapat menjelaskan proses fotosintesis dan peranannya bagi kehidupan di bumi
- Murid dapat mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan yang terlibat dalam fotosintesis
Dengan memahami materi ini, murid dapat memahami pentingnya fotosintesis bagi kehidupan di bumi dan bagaimana proses ini mempengaruhi lingkungan sekitar.
2. Bahasa Indonesia
Menulis Surat
*Tujuan:*
- Melalui kegiatan menulis surat, peserta didik dapat menggunakan tanda baca, kosakata baru, dan kalimat transitif dan intransitif
*Materi:*
1. *Struktur Surat*
- Tanggal
- Salam pembuka
- Isi surat
- Salam penutup
- Tanda tangan
2. *Tanda Baca*
- Titik (.) untuk mengakhiri kalimat
- Koma (,) untuk memisahkan kata atau kalimat
- Titik dua (:) untuk salam pembuka dan penutup
3. *Kosakata Baru*
- Menggunakan kata-kata yang baru dipelajari dalam menulis surat
- Contoh: kata-kata yang berhubungan dengan tema surat (misalnya: liburan, sekolah, keluarga)
4. *Kalimat Transitif dan Intransitif*
- Kalimat transitif: kalimat yang memerlukan objek (misalnya: Saya membaca buku)
- Kalimat intransitif: kalimat yang tidak memerlukan objek (misalnya: Saya tidur)
*Aktivitas Pembelajaran:*
- Menulis surat kepada teman atau keluarga
- Menggunakan tanda baca yang tepat dalam menulis surat
- Menggunakan kosakata baru dalam menulis surat
- Menggunakan kalimat transitif dan intransitif dalam menulis surat
*Contoh:*
- Surat kepada teman:
"Halo [nama teman],
Saya senang sekali liburan kemarin. Saya pergi ke pantai dengan keluarga. Kami berenang dan bermain pasir. Saya sangat menikmati liburan itu.
Sampai jumpa lagi!
[Nama Anda]"
*Penilaian:*
- Peserta didik dapat menulis surat dengan struktur yang tepat
- Peserta didik dapat menggunakan tanda baca yang tepat dalam menulis surat
- Peserta didik dapat menggunakan kosakata baru dan kalimat transitif dan intransitif dalam menulis surat
Dengan memahami materi ini, peserta didik dapat meningkatkan keterampilan menulis surat dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
0 komentar:
Posting Komentar