Materi Ajar Kelas 4 Zainab
Hari / Tanggal : Senin / 11 Agustus 2025
Mata Pelajaran :
1. Pendidikan Pancasila : Menghargai Identitas Masyarakat di Lingkungan Tempat Tinggal
2. IPAS : Praktek perubahan wujud benda
3. Bahasa Indonesia : Menulis surat
4. Matematika : Komposisi Bilangan Cacah sampai 10.000
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Hallo Anak Sholeh dan Sholehah kelas 4 Zainab 😊😊😊
Apa Kabarnya hari ini ? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Aamiin
berikut adalah rangkuman materi yang akan kita pelajari hari ini :
1. Pendidikan Pancasila
- CP : Murid Membedakan dan menghargai identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, agama dan kepercayaannya di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
- TP : Murid mampu Mengidentifikasi, membedakan, dan menghargai identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, agama dan kepercayaannya serta mempraktikkan di lingkungan masyarakat.
Materi : Menghargai Identitas Masyarakat di Lingkungan
*Tujuan:*
- Siswa dapat memahami konsep identitas masyarakat
- Siswa dapat menghargai keragaman identitas masyarakat di lingkungan
- Siswa dapat mengembangkan sikap toleransi dan empati terhadap masyarakat lain
*Materi:*
1. *Konsep Identitas Masyarakat*
- Identitas masyarakat adalah karakteristik unik yang membedakan satu masyarakat dengan masyarakat lain
- Contoh: budaya, agama, bahasa, tradisi
2. *Keragaman Identitas Masyarakat*
- Mengenal keragaman identitas masyarakat di lingkungan
- Contoh: perbedaan budaya, agama, bahasa
3. *Menghargai Identitas Masyarakat*
- Menghormati perbedaan identitas masyarakat
- Mengembangkan sikap toleransi dan empati
- Berinteraksi dengan masyarakat lain dengan sopan dan hormat
*Aktivitas Pembelajaran:*
- Mengenal dan mempelajari identitas masyarakat di lingkungan
- Berdiskusi tentang keragaman identitas masyarakat
- Mengembangkan sikap toleransi dan empati melalui permainan peran
- Membuat proyek tentang keragaman identitas masyarakat di lingkungan
*Contoh:*
- Membuat poster tentang keragaman budaya di lingkungan
- Mengadakan acara untuk memperingati hari raya agama lain
- Berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat untuk mempererat hubungan antar masyarakat
*Penilaian:*
- Siswa dapat menjelaskan konsep identitas masyarakat
- Siswa dapat menghargai keragaman identitas masyarakat di lingkungan
- Siswa dapat mengembangkan sikap toleransi dan empati terhadap masyarakat lain
Dengan memahami materi ini, siswa dapat mengembangkan sikap menghargai dan toleransi terhadap keragaman identitas masyarakat di lingkungan, serta menjadi warga negara yang baik dan peduli terhadap masyarakat lain.
2. IPAS
CP : Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya
Perubahan Wujud Benda: Membuat Es Krim
*Tujuan:*
- Siswa dapat memahami konsep perubahan wujud benda
- Siswa dapat menjelaskan proses perubahan wujud benda pada pembuatan es krim
*Materi:*
1. *Perubahan Wujud Benda*
- Perubahan wujud benda adalah perubahan bentuk atau fase benda dari satu bentuk ke bentuk lain
- Contoh: padat, cair, gas
2. *Proses Pembuatan Es Krim*
- Bahan-bahan: susu, gula, cream, dll
- Proses: mencampur bahan-bahan, membekukan, mengaduk
- Perubahan wujud benda: cair menjadi padat (es krim)
*Aktivitas Pembelajaran:*
- Membuat es krim sederhana dengan bahan-bahan yang ada
- Mengamati perubahan wujud benda pada proses pembuatan es krim
- Mendiskusikan proses perubahan wujud benda yang terjadi
*Contoh:*
- Bahan-bahan awal dalam bentuk cair (susu, cream) berubah menjadi padat (es krim) setelah dibekukan
- Proses pengadukan membantu mempercepat proses pembekuan dan membuat es krim menjadi lebih halus
*Penilaian:*
- Siswa dapat menjelaskan konsep perubahan wujud benda
- Siswa dapat menjelaskan proses perubahan wujud benda pada pembuatan es krim
Dengan memahami materi ini, siswa dapat memahami konsep perubahan wujud benda dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, seperti pada proses pembuatan es krim.
0 komentar:
Posting Komentar