Minggu, 10 Agustus 2025

Materi Ajar Kelas 4 Zainab, Senin 11 Agustus 2025

 

Materi Ajar Kelas 4 Zainab

Hari / Tanggal : Senin / 11 Agustus 2025

Mata Pelajaran : 

1. Pendidikan Pancasila : Menghargai Identitas Masyarakat di Lingkungan Tempat Tinggal

2. IPAS : Praktek perubahan wujud benda

3. Bahasa Indonesia : Menulis surat

4. Matematika : Komposisi Bilangan Cacah sampai 10.000

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Hallo Anak Sholeh dan Sholehah kelas 4 Zainab 😊😊😊

Apa Kabarnya hari ini ? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Aamiin 

berikut adalah rangkuman materi yang akan kita pelajari hari ini : 

1. Pendidikan Pancasila

- CP : Murid Membedakan dan menghargai identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, agama dan kepercayaannya di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.

- TP  : Murid mampu Mengidentifikasi, membedakan, dan menghargai identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, agama dan kepercayaannya serta mempraktikkan di lingkungan masyarakat.

Materi : Menghargai Identitas Masyarakat di Lingkungan

*Tujuan:*

- Siswa dapat memahami konsep identitas masyarakat

- Siswa dapat menghargai keragaman identitas masyarakat di lingkungan

- Siswa dapat mengembangkan sikap toleransi dan empati terhadap masyarakat lain

*Materi:*

1. *Konsep Identitas Masyarakat*

- Identitas masyarakat adalah karakteristik unik yang membedakan satu masyarakat dengan masyarakat lain

- Contoh: budaya, agama, bahasa, tradisi

2. *Keragaman Identitas Masyarakat*

- Mengenal keragaman identitas masyarakat di lingkungan

- Contoh: perbedaan budaya, agama, bahasa

3. *Menghargai Identitas Masyarakat*

- Menghormati perbedaan identitas masyarakat

- Mengembangkan sikap toleransi dan empati

- Berinteraksi dengan masyarakat lain dengan sopan dan hormat

*Aktivitas Pembelajaran:*

- Mengenal dan mempelajari identitas masyarakat di lingkungan

- Berdiskusi tentang keragaman identitas masyarakat

- Mengembangkan sikap toleransi dan empati melalui permainan peran

- Membuat proyek tentang keragaman identitas masyarakat di lingkungan

*Contoh:*

- Membuat poster tentang keragaman budaya di lingkungan

- Mengadakan acara untuk memperingati hari raya agama lain

- Berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat untuk mempererat hubungan antar masyarakat

*Penilaian:*

- Siswa dapat menjelaskan konsep identitas masyarakat

- Siswa dapat menghargai keragaman identitas masyarakat di lingkungan

- Siswa dapat mengembangkan sikap toleransi dan empati terhadap masyarakat lain

Dengan memahami materi ini, siswa dapat mengembangkan sikap menghargai dan toleransi terhadap keragaman identitas masyarakat di lingkungan, serta menjadi warga negara yang baik dan peduli terhadap masyarakat lain.

2. IPAS

CP : Peserta didik memahami bentuk dan fungsi panca indra; siklus hidup makhluk hidup; wujud zat dan perubahannya serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari; bentuk dan sumber energi serta perubahannya, gejala kelistrikan dan kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari; gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; pergantian hari, cuaca, dan musim di lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional/digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyarakat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya

Perubahan Wujud Benda: Membuat Es Krim

*Tujuan:*

- Siswa dapat memahami konsep perubahan wujud benda

- Siswa dapat menjelaskan proses perubahan wujud benda pada pembuatan es krim

*Materi:*

1. *Perubahan Wujud Benda*

- Perubahan wujud benda adalah perubahan bentuk atau fase benda dari satu bentuk ke bentuk lain

- Contoh: padat, cair, gas

2. *Proses Pembuatan Es Krim*

- Bahan-bahan: susu, gula, cream, dll

- Proses: mencampur bahan-bahan, membekukan, mengaduk

- Perubahan wujud benda: cair menjadi padat (es krim)

*Aktivitas Pembelajaran:*

- Membuat es krim sederhana dengan bahan-bahan yang ada

- Mengamati perubahan wujud benda pada proses pembuatan es krim

- Mendiskusikan proses perubahan wujud benda yang terjadi

*Contoh:*

- Bahan-bahan awal dalam bentuk cair (susu, cream) berubah menjadi padat (es krim) setelah dibekukan

- Proses pengadukan membantu mempercepat proses pembekuan dan membuat es krim menjadi lebih halus

*Penilaian:*

- Siswa dapat menjelaskan konsep perubahan wujud benda

- Siswa dapat menjelaskan proses perubahan wujud benda pada pembuatan es krim

Dengan memahami materi ini, siswa dapat memahami konsep perubahan wujud benda dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, seperti pada proses pembuatan es krim.

3. Bahasa Indonesia
CP : Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.

Menulis Surat

*Tujuan:*
- Siswa dapat menulis surat dengan struktur yang tepat
- Siswa dapat menggunakan bahasa yang sopan dan hormat dalam menulis surat

*Materi:*
1. *Struktur Surat*
- Tanggal
- Salam pembuka (misalnya: "Yth. [Nama]")
- Isi surat
- Salam penutup (misalnya: "Salam, [Nama]")
- Tanda tangan
2. *Bahasa Surat*
- Menggunakan bahasa yang sopan dan hormat
- Menggunakan kata-kata yang tepat untuk mengungkapkan perasaan dan pikiran
3. *Contoh Surat*
- Surat kepada teman
- Surat kepada keluarga
- Surat kepada guru

*Aktivitas Pembelajaran:*

- Menulis surat kepada teman atau keluarga
- Menggunakan struktur surat yang tepat
- Menggunakan bahasa yang sopan dan hormat

*Contoh:*

- Surat kepada teman:
"Yth. [Nama Teman],
Saya senang sekali bisa bermain denganmu kemarin. Saya berharap kita bisa bermain lagi bersama.
Salam,
[Nama Anda]"

*Penilaian:*

- Siswa dapat menulis surat dengan struktur yang tepat
- Siswa dapat menggunakan bahasa yang sopan dan hormat dalam menulis surat

Dengan memahami materi ini, siswa dapat meningkatkan keterampilan menulis surat dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

4. Matematika
CP : Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. 
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen. 

Komposisi Bilangan Cacah sampai 10.000

*Tujuan:*

- Siswa dapat memahami konsep komposisi bilangan cacah
- Siswa dapat menguraikan bilangan cacah sampai 10.000 menjadi ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan

*Materi:*

1. *Komposisi Bilangan Cacah*
- Bilangan cacah dapat diuraikan menjadi ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan
- Contoh: 4.325 = 4 ribuan + 3 ratusan + 2 puluhan + 5 satuan
2. *Menguraikan Bilangan Cacah*
- Menguraikan bilangan cacah menjadi ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan
- Contoh: 8.492 = 8 ribuan + 4 ratusan + 9 puluhan + 2 satuan
3. *Menyusun Bilangan Cacah*
- Menyusun bilangan cacah dari ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan
- Contoh: 5 ribuan + 2 ratusan + 8 puluhan + 3 satuan = 5.283

*Aktivitas Pembelajaran:*

- Menguraikan bilangan cacah sampai 10.000 menjadi ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan
- Menyusun bilangan cacah dari ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan
- Bermain game "Komposisi Bilangan" untuk mempraktikkan keterampilan menguraikan dan menyusun bilangan cacah

*Contoh Soal:*

- Uraikan bilangan 9.876 menjadi ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan
- Jawaban: 9 ribuan + 8 ratusan + 7 puluhan + 6 satuan

*Penilaian:*

- Siswa dapat menguraikan bilangan cacah sampai 10.000 menjadi ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan
- Siswa dapat menyusun bilangan cacah dari ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan

Dengan memahami materi ini, siswa dapat meningkatkan keterampilan menguraikan dan menyusun bilangan cacah sampai 10.000.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar