Materi Ajar Kelas 4 Zainab
Hari / Tanggal : Jum'at, 15 Agustus 2025
Mata Pelajaran :
1. Matematika : Dekomposisi Bilangan Cacah Sampai 10.000
2. Bahasa Indonesia : Sumatif Bab1
CP Bahasa Indonesia :
Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio
CP Matematika :
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Hallo Anak Sholeh dan Sholehah kelas 4 Zainab 😊😊😊
Apa Kabarnya hari ini ? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Aamiin
berikut adalah rangkuman materi yang akan kita pelajari hari ini :
1. Matematika
*Tujuan Pembelajaran:*
1. Memahami konsep dekomposisi bilangan cacah
2. Dapat memecah bilangan cacah menjadi ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan
*Contoh:*
1. 4.275 = 4.000 + 200 + 70 + 5
2. 8.943 = 8.000 + 900 + 40 + 3
*Aktivitas Pembelajaran:*
1. Memecah bilangan cacah menjadi ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan
2. Membuat contoh dekomposisi bilangan cacah
3. Latihan soal dekomposisi bilangan cacah
*Penilaian:*
1. Kemampuan memecah bilangan cac
[15/8 07.01] Asisten Bisnis: Materi ajar matematika kelas 4 tentang dekomposisi bilangan cacah sampai 10.000 dapat mencakup:
*Tujuan Pembelajaran:*
1. Memahami konsep dekomposisi bilangan cacah
2. Dapat memecah bilangan cacah menjadi ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan
*Contoh:*
1. 4.275 = 4.000 + 200 + 70 + 5
2. 8.943 = 8.000 + 900 + 40 + 3
*Aktivitas Pembelajaran:*
1. Memecah bilangan cacah menjadi ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan
2. Membuat contoh dekomposisi bilangan cacah
3. Latihan soal dekomposisi bilangan cacah
*Penilaian:*
1. Kemampuan memecah bilangan cacah menjadi ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan
2. Ketepatan dalam melakukan dekomposisi bilangan cacah
Dengan memahami dekomposisi bilangan cacah, siswa dapat meningkatkan kemampuan matematika dan memahami struktur bilangan.
2. Bahasa Indonesia
Menulis Surat
*Tujuan:*
- Peserta didik dapat menggunakan tanda baca yang tepat dalam menulis surat
- Peserta didik dapat menggunakan kosakata baru dalam menulis surat
- Peserta didik dapat menggunakan kalimat transitif dan intransitif dalam menulis surat
*Materi:*
1. *Struktur Surat*
- Tanggal
- Salam pembuka
- Isi surat
- Salam penutup
- Tanda tangan
2. *Tanda Baca*
- Titik (.) untuk mengakhiri kalimat
- Koma (,) untuk memisahkan kata atau kalimat
- Titik dua (:) untuk salam pembuka dan penutup
3. *Kosakata Baru*
- Menggunakan kata-kata yang baru dipelajari dalam menulis surat
- Contoh: kata-kata yang berhubungan dengan tema surat (misalnya: liburan, sekolah, keluarga)
4. *Kalimat Transitif dan Intransitif*
- Kalimat transitif: kalimat yang memerlukan objek (misalnya: Saya membaca buku)
- Kalimat intransitif: kalimat yang tidak memerlukan objek (misalnya: Saya tidur)
*Aktivitas Pembelajaran:*
- Menulis surat kepada teman atau keluarga
- Menggunakan tanda baca yang tepat dalam menulis surat
- Menggunakan kosakata baru dalam menulis surat
- Menggunakan kalimat transitif dan intransitif dalam menulis surat
*Contoh:*
- Surat kepada teman:
"Halo [nama teman],
Saya senang sekali liburan kemarin. Saya pergi ke pantai dengan keluarga. Kami berenang dan bermain pasir. Saya sangat menikmati liburan itu.
Sampai jumpa lagi!
[Nama Anda]"
*Penilaian:*
- Peserta didik dapat menulis surat dengan struktur yang tepat
- Peserta didik dapat menggunakan tanda baca yang tepat dalam menulis surat
- Peserta didik dapat menggunakan kosakata baru dan kalimat transitif dan intransitif dalam menulis surat
Dengan memahami materi ini, peserta didik dapat meningkatkan keterampilan menulis surat dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
0 komentar:
Posting Komentar